Nasdem Jatim Gelar Aneka Lomba Hari Santri, Mulai Menulis Hingga TikTokan!

Ketua Satgas HSN DPW Partai NasDem Jatim, Ipong Muchlissoni memaparkan kegiatan aneka kegiatan menyambut Hari Santri 2021. (ft/clicks.id) Ketua Satgas HSN DPW Partai NasDem Jatim, Ipong Muchlissoni memaparkan kegiatan aneka kegiatan menyambut Hari Santri 2021. (ft/clicks.id)

SURABAYA: Aneka kegiatan dan perlombaan digelar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Timur menyambut peringatan Hari Santri Nasional (HSN), 22 Oktober 2021.

Ketua Satgas HSN DPW Partai NasDem Jatim, Ipong Muchlissoni mengatakan ada berbagai macam lomba untuk santri dan alumni pondok pesantren (ponpes) yang akan menyemarakan HSN.

"Ada banyak lomba menarik untuk para santri, alumni ponpes hingga masyarakat umum. Kegiatan ini untuk semarakkan HSN tahun ini di Jatim," kata  Ipong Muchlissoni, saat jumpa pers di DPW NasDem Jatim di Surabaya, Rabu, 6 Oktober 2021.
 
Ipong mengatakan lomba bagi santri itu akan digelar mulai 6-16 Oktober 2021. Para pemenang akan mendapat hadiah uang tunai mulai Rp 2 juta sampai Rp 7 juta, serta trofi dan sertifikat.

Adapun beberapa lomba khusus untuk santri itu, yakni lomba santri menulis bertema "Santri Sebagai Agen Perubahan", dan setiap karya tulis harus berjumlah 250-500 kata. Kemudian lomba khotbah (pidato) bertema "Santri Milenial", dengan durasi lima menit.
 
Selanjutnya, lomba quote bertema "Hari Santri", dan bisa diikuti para santri dan alumni dari Ponpes. Setiap peserta hanya boleh mengirim satu video maksimal berdurasi 30-60 detik. Lalu lomba cover salawat, dengan tiga salawat pilihan yaitu, Tibbil Qulub, Baddar, dan Allahul Kafi Robbunal Kafi.

BACA: Nasdem Magetan Gelar Vaksinasi di 10 Desa


Selain itu, juga ada lomba desain muslimah gratis, yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Terkahir adalah lomba video Tiktok Santri. Lomba ini khusus bagi anggota Partai NasDem di 38 kabupaten/kota di Jatim.
 
"Bagi juara lomba quote menarik ini, nanti kalimatnya akan dipasang di setiap baliho secara serentak di seluruh Jatim. Dan para juara akan ditampilkan pada puncak HSN, dan disiarkan secara langsung di salah satu televisi lokal Jatim," ujarnya.

Sejarah Hari Santri

Sementara Wakil Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Timur, Vinsensius Awey menyampaikan penetapan Hari Santri Nasional,  pada 22 Oktober  adalah berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatanganiPresiden Joko Widodo pada 15 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta.

"Hari Santri Nasional ini merujuk pada satu peristiwa bersejarah, yakni seruan yang dibacakan oleh pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945, " kenangnya.  

Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk jihad melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca Proklamasi kemerdekaan.

Menurut Awey, panggilan akrab Vinsensius Awey bahwa Hari Santri Nasional tidak hanya merujuk pada kalangan  tertentu saja akan tetapi merujuk pada kita semua yang dalam tubuhnya mengalir darah merah putih dan bernapaskan  ideologi Pancasila sebagaimana resolusi jihad yang dilakukan santri dan ulama bersatu serta berkorban untuk mempertahankan Indonesia dari penjajahan.

"Lewat Resolusi Jihad, kaum santri & ulama menentukan suatu sikap dan tindakan yang nyata terhadap usaha-usaha yang akan membahayakan keutuhan bangsa yang merdeka. Maka dari itu, dalam peringatan HSN kali ini sesuai dgn tema nasional HSN 2021

"Santri Siaga, Jiwa Raga" memiliki pesan yang cukup dalam bagi kita semua sebagai anak bangsa untuk selalu terpanggil siap siaga membela tanah air, mempertahankan persatuan kesatuan,  mengisi kemerdekaan dengan bergotong royong mengangkat harkat hidup orang banyak, pembangunan SDM yang tangguh berintegritas, pengembangan ekonomi kerakyatan &  mewujudkan perdamaian dunia" ujar Vinsensius Awey, mantan anggota DPRD kota Surabaya 2014 - 2019


Semarak HSN 2021 DPW Partai Nasdem:

Perlombaan

1. Lomba Cover Sholawat (6-16 Okt)
2. Lomba Design Busana Muslimah (6-16 Okt)
3. Lomba Santri Menulis (6-16 Okt)
4. Lomba Khitobah (6-16 Okt)
5. Lomba Quote Hari Santri (6-10 Okt)/ Internal Nasdem
6. Lomba Tik Tok Santri

Kegiatan

1. Sentra vaksinasi nasdem peduli di puluhan ponpes di 12 kabupaten / kotamadya Jawa Timur telah melayani 90.000 dosis vaksin bagi santri dan masyarakat

2. Seminar Nasional "Gelar Pahlawan Nasional bagi KH Syaikhona Kholil, Guru para pahlawan (14 Okt 2021)

3. Seminar Santri Preunership (19 Okt 2021)

4. Sholawat Nariyah bagi seluruh DPD Kabupaten & Kota Nasdem se Jawa Timur (22 Okt 2021)

5. Happening Art Santri Merah Putih seluruh DPD Nasdem Kabupaten & Kotamadya se Jawa Timur (22 Okt 2021)

6. Ngaji Kebangsaan bersama Gus Muwafiq (puncak acara HSN  22 Okt 2021/ live TV 9)

 


(TOM)

Berita Terkait