Kebakaran Lapas Tangerang, 41 Napi Meninggal

Kebakaran lapas Tengerang yang menewaskan 41 napi (Foto / Metro TV) Kebakaran lapas Tengerang yang menewaskan 41 napi (Foto / Metro TV)

JAKARTA : Lapas Tangerang, Banten terbakar hebat Rabu 8 September 2021. Akibatnya, sebanyak 41 narapidana tewas. Kemudian 8 orang mengalami luka berat dan 72 napi mengalami luka ringan.

"Meninggal dunia 41 orang, dan sedang kami data lagi. Korban luka dibawa ke rumah sakit," kata Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti.

Rika mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan Lapas Tangerang agar kondusif. Lokasi kebakaran di blok C II sudah dipadamkan. "Saat ini biar kondisi kondusif dulu," katanya.

Hingga saat ini Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran nampak datang ke lokasi kejadian. Fadil didampingi Kapolres Metro Tangerang Kombes Deonijiu De Fatima langsung masuk ke dalam lapas. Sejumlah mobil ambulans disiagakan di halaman Lapas Tangerang Sejumlah mobil ambulans disiagakan di halaman Lapas Tangerang.

BACA JUGA : Sadis, Begini Cara Pelaku Menghabisi Kakak Beradik Sidoarjo

Over Kapasitas

Blok C Lapas Tangerang yang dihuni warga binaan kasus narkoba. Blok ini over kapasitas dari 40 orang terisi 120 orang. "Blok C harusnya hanya 40 orang, ada 19 kamar terisi 120 orang," kata Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti.

Rika mengatakan seluruh Lapas Tangerang juga over kapasitas yang seharusnya terisi 900 narapidana, namun terisi 2.069 orang. Tapi, kata dia, seluruh penjagaan blok di Lapas Tangerang sudah terjaga dengan baik. "Kondisi lapas over kapasitas, dari kapasistas harusnya sekitar 900 orang saat ini tersisi 2.069 orang. Ini bukan menjadi alasan kami," katanya.

 


(ADI)

Berita Terkait