Hina Nabi Muhammad, Youtuber Paul Zhang Diburu Hingga Luar Negeri

Jozeph Paul Zhang Jozeph Paul Zhang

JAKARTA: Penyidik Bareskrim Polri memburu Jozeph Paul Zhang yang diduga sudah berada di luar negeri. Sebelumnya, youtuber yang mengaku nabi ke-26 dilaporkan atas penistaan agama.

Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto mengatakan pihaknya menduga Paul Zheng sudah tidak tinggal di Indonesia berdasarkan data- data perlintasan ia sudah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018.
 
"Mekanisme penyidikannya akan terus berjalan walaupun yang bersangkutan di luar negeri," terang Agus dikutip dari Antara, Minggu, 18 April 2021.
 
Agus memberkan, Bareskrim Polri bekerja sama dengan kepolisian luar negeri dan membuat daftar pencarian orang (DPO) terhadap Jozeph Paul Zhang agar bisa dideportasi dari negara tempat dia berada.
 
"Mekanisme kerja sama kepolisian luar negeri bisa berjalan, mau enggak negara tempat yang bersangkutan tinggal mendeportasi yang bersangkutan. DPO nanti akan diterbitkan," beber Agus.
 
Sebelumnya, Jozeph Paul Zhang dilaporkan oleh Ketua Cyber Indonesia, Husain Shahab atas dugaan penistaan agama. “Hari ini sudah kita laporkan pemilik akun youtube Joseph Paul Zhang yang diduga menistakan agama dan menantang polisi minta ditangkap,” cuit Husin Shahab di akun Twitternya @HusinShihab yang dikutip Minggu, 18 April 2021.
 
Dalam cuitannya itu, Husain Shahab juga mengunggah dokumen surat pelaporan yang ia layangkan terhadap Jozeph Paul Zhang ke Bareskrim Polri. Dalam surat tersebut Husin Shahab mencantumkan dugaan pelanggaran pidana ujaran kebencian (hate speech) dengan Pasal 454 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE, serta 156a KUHP.

Jozeph Paul Zhang mengaku nabi ke-26 Video unggahan Jozeph Paul Zhang di kanal YouTube miliknya kini sedang viral. Sebab, ia mengaku nabi ke-26. Bahkan, ia juga menghina Nabi Muhammad SAW.
 
“Yang bisa laporin gua ke polisi, gua kasih uang lo. Yang bisa laporin gua penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26, Josep Fauzan Zhang, meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulannya yang maha cabululllah," ucapnya seperti dilihat Medcom.id di kanal YouTube milikinya, Minggu, 18 April 2021.

 


(TOM)