3 Fakta Rapid Test Antigen yang Dijadikan Syarat Keluar-Masuk Daerah Tertentu

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Clicks: Beberapa pemerintah daerah di Indonesia mewajibkan para wisatawan untuk melakukan rapid test antigen sebelum memasuki wilayahnya. Aturan tersebut diberlakukan di sejumlah daerah, seperti Bali, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah. 

Selama ini, pilihan tes pemeriksaan covid-19 yang sering kita dengar adalah polymerase chain reaction (PCR) test dan rapid test antibodi. Lalu, apa itu rapid test antigen yang sedang ramai dibicarakan? Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah fakta mengenai jenis tes ini.

1. Lebih akurat dari tes antibodi
Rapid test antigen digadang-gadang memberikan hasil yang lebih akurat daripada rapid test antibodi. Tidak seperti rapid test antibodi yang membaca keberadaan antibodi dalam darah, rapid test antigen langsung mendeteksi antigen covid-19 dalam sampel. 
Masuknya covid-19 ke dalam tubuh akan dianggap sebagai antigen oleh sistem imun. Sehingga rapid test antigen ini dinilai lebih akurat karena bisa mendeteksi keberadaan antigen tersebut.

Terdapat satu kekurangan dari jenis tes ini, yakni waktu pemeriksaannya. Demi memperoleh hasil yang lebih akurat, sebaiknya tes ini dilakukan maksimal lima hari setelah merasakan gejala covid-19.

2. Mirip tes PCR
Cara pengambilan sampel rapid test antigen mirip dengan polymerase chain reaction (PCR) test. Sampel tersebut diambil dari swab pada hidung dan tenggorokan. 
Metode ini bertujuan untuk mengambil sampel antigen covid-19 yang berupa lendir pada hidung dan tenggorokan. Melalui lendir tersebut, antigen atau protein yang dihasilkan oleh covid-19 dapat terdeteksi.

3. Harga terjangkau dan prosesnya cepat
Sesuai dengan namanya, tes ini hanya membutuhkan waktu sebentar. Pengambilan sampel dari hidung dan tenggorokan hanya memakan waktu satu menit saja. Sedangkan, hasil dari tes ini umumnya bisa diperoleh dalam waktu 15-30 menit. Selain itu, harga rapid test antigen ini juga cukup bervariasi, yakni kisaran Rp350 ribu sampai Rp499 ribu.

Nah, itu dia beberapa fakta seputar rapid test antigen ini. Jadi jangan sampai tertukar ya antara rapid test antibodi dan rapid test antigen ini. Walaupun nama depannya sama, tetapi fungsinya berbeda..


(SYI)

Berita Terkait