Pengiriman Jemaah Haji Bakal Lebih Selektif, Ini Alasannya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

JAKARTA : Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan pengiriman jemaah haji ke depannya bakal lebih selektif. Hanya jemaah yang benar-benar sehat yang diberangkatkan. Sebab, banyak jamaah yang dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah menderita penyakit bawaan.

"Saya kira ini jadi perhatian kami ke depan agar lebih selektif untuk berangkat jamaah haji Indonesia, dipastikan yang berangkat orang-orang yang betul-betul sehat," kata Zainut, saat meninjau Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, dikutip Minggu, 3 Juli 2022.

Berdasarkan hasil kunjungan ke KKHI Makkah dan bertemu para tenaga medis, pasien yang dirawat sebagian besar akibat penyakit jantung, paru-paru, dan sebagian masalah psikiatri terkait penyakit bawaan. Pada kesempatan itu dia menyampaikan apresiasi kepada tenaga medis di KKHI Makkah yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada para jemaah sakit.

Anggota Tim Pemantauan dan Evaluasi Kemenag Alissa Wahid yang ikut meninjau KKHI mengatakan perawatan di KKHI sangat baik, termasuk untuk mereka yang mengalami gangguan kejiwaan.

Baca juga : BMKG : Waspadai Gelombang Tinggi hingga 6 Meter

"Pasti kan jemaah haji ketika berangkat ke Tanah Suci itu harapannya besar, ingin ibadah. Tapi juga ada rasa cemas, terutama kalau ada beban-beban psikologis yang dijalani, kemungkinan yang masih mengganggu sehingga tidak bisa beribadah dengan baik," kata Alissa.

Dia melihat kondisi pasien yang dirawat sudah lebih baik. Dia juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada tenaga kesehatan di KKHI.


(ADI)

Berita Terkait