Geger! Bayi Perempuan Dibuang di Warung Kopi Banyuwangi

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

BANYUWANGI : Bayi ditemukan tergeletak di meja warung kopi Jalan Adi Sucipto, Kelurahan Sobo, Banyuwangi, Selasa 21 Februari 2023. Diduga, bayi perempuan itu dibuang orang tuanya setelah ia dilahirkan. Terbukti, kondisi bayi masih merah dengan tali pusar dan ari-ari masih menempel.

Saat ditemukan, bayi malang ini dibalut selimut bayi warna merah dan biru dan diluarnya dibalut menggunakan sarung warna hitam. Saksi bernama Astuti (42) mengaku dikejutkan dengan suara tangisan bayi. Ia bingung dan membangunkan ibunya. Setelah dicek rupanya pas di meja depan rumahnya ada bayi.

"Saya cek lewat jendela, lho kok ada bayi. Posisinya ada di meja tempat saya berjualan kopi," kata Astuti.

Bayi itu sempat dimasukkan ke dalam rumahnya ketika warga mulai berdatangan, karena melihat kondisi bayi yang kedinginan. Ketua RT setempat lantas melaporkan kejadian penemuan bayi itu ke polisi dan dilanjutkan ke Rumah Sakit (RS) Blambangan Banyuwangi.

baca juga : Alhamdullilah, 34.868 Calon Haji Asal Jatim Berangkat Tahun Ini

"Saat di rumah saya tidak berani berbuat banyak. Kelaminnya saja saya tahu setelah di rumah sakit. Alhamdulillah kondisi bayinya sehat," katanya.

Dia menambahkan, informasi dari pemilik toko kelontong yang berada tepat di sebelah rumahnya beberapa jam sebelum penemuan ini, sempat ada mobil yang berhenti. Pemilik mobil membeli rokok sembari menenteng sarung dengan gelagat mencurigakan.

"Ternyata sarung itu ya bayi ini yang ditaruh di depan rumah saya," kata Astuti.

Kapolsek Banyuwangi AKP Kusmin mengatakan bayi itu dirawat di RSUD Blambangan. Bayi dengan bobot 3,6 kilogram panjangnya 50 sentimeter itu dalam kondisi sehat. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Banyuwangi berkaitan dengan bayi tersebut.

"Untuk langkah selanjutnya, bayi tersebut kita serahkan ke pihak Dinas Sosial," kata Kusmin.

Kusmin menambahkan, bayi tersebut diduga sengaja dibuang oleh orang tuanya. Saat ini pihaknya telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan masih mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi terkait kejadian ini. "Kami masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa pembuang bayi ini," pungkasnya.

 


(ADI)

Berita Terkait