Berdarah-darah, Timnas Indonesia Rebut Emas Sea Games 2023

Manajer Timnas Indonesia terlihat sempoyongan usai terlibat kericuhan/ist Manajer Timnas Indonesia terlihat sempoyongan usai terlibat kericuhan/ist

KAMBOJA: Berakhir sudah penantian 32 tahun. Timnas Indonesia akhirnya kembali meraih medali emas Sea Games setelah menang dramatis atas Thailand pada laga final bdi Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja Selasa malam 16 Mei 2023.

Garuda Muda menang dengan skor 5-2 lewat perpanjangan waktu. Pertandingan terpaksa dilanjutkan perpanjangan setelah di waktu normal bermain imbang 2-2.

Kemenangan Indonesia atas Thailand diwarnai drama mendebarkan. Bek sayap Indonesia, Bagas Adi harus mengucrukan darah di hidungnya akibat sikutan pemain Thailand.  Pemain asal Bartiyo itu tetap melanjutkan pertandingan dengan perban menempel  di wajahnya.

Tidak hanya itu, baku pukul sempat terjadi dua kali di bench pemain cadangan antar oficcial Thailand dengan Indonesia. Manajer Indonesia Sudarmaji terlihat berdarah di bibirnya saat kericuhan terjadi pada awal babak pertama perpanjangan waktu.

BACA: 3 Sejarah Pertemuan Indonesia Vs Thailand di Final Sea Games

Official dan pemain cadangan Indonesia melakukan selebrasi balasan saat Irfan Jauhari mencetak gol yang membuat skor menjadi 3-2.  Aparat keamanan harus melerai kedua pihak.

Wasit kemudian memberikan kartu merah kepada kiper Thailand Rakyart dan pemain Indonesia Komang karena terlibat adu pukul.  Dua staff pelatih Thailand dan manajer Timnas Indonesia, Sumardji juga mendapatkan kartu.

Sebelumnya, kericuhan lebih dulu terjadi saat official Thailand melakukan selebrasi di depan bench Indonesia ketika di akhir babak kedua berhasil menyamakan kedudukan 2-2 sekaligus memaksa babak perpanjangan waktu.  

Gol Yotsakon di penghujung akhir babak kedua diwarnai kontroversi karena Timnas U-22 sempat mengira wasit telah meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Bahkan official Indonesia sudah menyerbu lapangan dan berpelukan dengan pemain.

Setelah Indonesia unggul 3-2 dan kericuhan bisa direda, pertandingan kembali dilanjutkan. Beberapa menit berselang, Thailand harus bermain dengan sembilan pemain. Jonathan Khemdee mendapatkan kartu kuning kedua setelah menendang kepala Ilham Rio Fahmi.

Unggul jumlah pemain tidak disia-siakan oleh Indonesia. Tekanan-tekanan terus dibuat dan ada beberapa peluang yang seharusnya bisa menambah keunggulan Indonesia. Namun hingga babak tambahan waktu pertama berakhir, skor masih bertahan 3-2.

Memasuki babak tambahan wakut kedua, Indonesia kembali tancap gas. Memanfaatkan keunggulan jumlah pemain, Garuda Nusantara menerjang pertahanan Thailand.

Baru dua menit berjalan, Indonesia berhasil unggul dengan skor 4-2. Menerima umpan Ilham Fahmi, Fajar menerima bola, mengontrolnya lalu melepaskan tembakan yang masuk ke gawang Thailand. Skor berubah menjadi 4-2 untuk keunggulan Indonesia.

Timnas Thailand harus bermain dengan delapan pemain. Pasalnya Anan Yongsawal mendapatkan kartu kuning kedua. Satu menit jelang bubaran, Timnas Indonesia kembali menambah keunggulan.

Beckham Putra berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah tembakannya gagal diantisipasi kiper pengganti Thailand. Skor berubah menjadi 5-2 untuk kemenangan dan Indonesia.

 


(TOM)

Berita Terkait