Pemkab Pamekasan Bangun 33 Wamira Mart

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan Muttaqin saat memaparkan capaian pembangunan Wamira Mart di acara diskusi rutin Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, Selasa (12/09/2023). ANTARA/Abd. Aziz Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan Muttaqin saat memaparkan capaian pembangunan Wamira Mart di acara diskusi rutin Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, Selasa (12/09/2023). ANTARA/Abd. Aziz

Pamekasan: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur, membangun 33 Warung Milik Rakyat (Wamira Mart) sebagai toko swalayan yang menyediakan produk dan kerajinan masyarakat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

"Jumlah Wamira Mart yang kami bangun ini sejak 2021 hingga Agustus 2023 ini,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Kenengah (UKM) Pemkab Pamekasan Muttaqin, dikutip dari Antara, Rabu, 13 September 2023.

Pembangunan Wamira Mart merupakan tindak lanjut dari Program Kewirausahaan Baru (WUB) yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Konsep pemasaran Wamira Mart adalah 70 persen produk UMKM dan 30 persen produk pabrik. 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Kenengah (UKM) Pemkab Pamekasan Muttaqin menjelaskan 20 unit di antaranya berjalan efektif, sedangkan sisanya belum berjalan. Ia juga mengatakan pihaknya memiliki program untuk mengembangkan 10.000 wirausaha baru melalui program pelatihan dan  pendampingan.

"Sistemnya adalah bekerja sama. Misalnya, jika Anda punya toko dan ingin mendirikan Wamira Mart, maka tinggal berkoordinasi dengan Dinas Koperasi. Tim akan melakukan survei layak atau tidak," kata Muttaqin.

Wamira Mart ditargetkan bisa tersebar di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Pamekasan agar pemasaran hasil produk UMKM lebih luas. Sementara itu, pengelolaan Wamira Mart akan diambil alih Pemkab Pamekasan melalui Dinas Koperasi dan UKM.

"Pengelolaan oleh dinas koperasi ini hanya sementara, sebelum perusahaan dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbentuk," kata Muttaqin.


(SUR)

Berita Terkait