Berkah Jagal Sapi di Hari Idul Adha

Sudamanto menjatuhkan seekora sapi sebelum disembelih/metrotv Sudamanto menjatuhkan seekora sapi sebelum disembelih/metrotv

TULUNGAGUNG: Perayaan Hari Raya Idul Adha menjadi berkah tersendiri bagi para jagal sapi  di Tulungagung, Jawa Timur. Di momen ini, satu  ekor sapi bisa dikerjakan selama 1 jam.

Sudarwanto, warga Kelurahan Sembung, Tulungagung yang berprofesi menjadi jagal sapi sejak kelas 6 sekolah dasar ini mengaku mendapat berkah melimpah di momen Hari Raya Idul Adha, tahun ini.

Di hari pertama Idul Qurban ini, Sudarwanto  telah mendapat pesanan menyembelih sapi qurban dari sejumlah takmir masjid di sekitar tulungagung sebanyak 9 ekor dan pesanan terus mengalir hingga 3 hari ke depan.  

Dibantu 2 orang anaknya dan 1 orang dari keluarganya, untuk satu ekor sapi mulai dari merobohkan sapi hingga menyayat daging lepas dari tulangnya  hanya membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam.

"Tergantung besar kecilnya sapi yang disembelih, sekitar satu jam sampai 2 jam paling lama selesai, " ujarnya.

Selama proses penjagalan sapi, Sudarwanto mengaku tidak menemui kesulitan yang berarti. Asalkan sapi yang akan di sembelih tidak berontak ataupun mengamuk.

BACA: Resep Sate Kambing Bumbu Kacang dan Bumbu Kecap

Sedangkan untuk upah jasa menyembelih sapi, Sudarwanto  mematok antara Rp 700 ribu hingga Rp 800 ribu rupiah per ekor.

Selain menyediakan jasa jagal sapi di momen Idul Adha, sudarwanto adalah seorang jagal di rumah pemotongan hewan di Tulungagung. Ia menyampaikan cara penyembelihan sapi yang benar dan tidak terlalu menyiksa hewan.

"Agar hewan tidak kesakitan, dipotong hingga putus dua aliran darah, saluran makanan dan saluran pernapasan, " ucapnya.

 


(TOM)

Berita Terkait