Waspada Cuaca ekstrem, Suhu Gunung Lawu Hingga 9 Derajat Celsius

Sejumlah pendaki berdoa sebelum mendaki Gunung Lawu menghadapi cuaca ekstrem (Foto / Metro tv) Sejumlah pendaki berdoa sebelum mendaki Gunung Lawu menghadapi cuaca ekstrem (Foto / Metro tv)

MAGETAN : Cuaca ekstrem melanda Gunung Lawu di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.  Selain angin kencang, suhu udara di pintu masuk pendakian Cemoro Sewu mencapai 9 derajat celsius. 

Cuaca ekstrem ini, sudah terjadi beberapa hari. Di sekitar pintu masuk cemoro sewu, suhu udara sangat dingin mencapai 9 derajat celsius. Sementara, angin kencang juga terjadi, terutama di malam hari. 

Walau terjadi angin kencang dan suhu udara yang dingin, masih banyak pendaki yang tetap naik ke puncak gunung,  yang memiliki ketinggian mencapai 3.265 meter di atas permukaan laut. 

Salah satu pendaki asal Denpasar Bali, Maulana Fajrin mengatakan dirinya sudah 5 hari sekitar Gunung Lawu. Dia membenarkan adanya cuaca ekstrem tersebut. 

"Untuk menahan hawa dingin, kami membakar api unggun untuk menghangatkan tubuh," terangnya. 

Saat ini, lebih dari seratus pendaki yang berada di puncak Gunung Lawu yang melalui pintu pendakian cemoro sewu. Pihak pengelola meminta para pendaki untuk mempersiapkan fisik dan peralatan lengkap untuk menghadapi cuaca ekstrem tersebut. 
 


(ADI)

Berita Terkait