Bawa Jimat, Maling Motor di Gresik Nyonyor Dimassa

Chandra Dwi Laksono ditangkap usai kedapatan mencuri motor (Foto / Metro TV) Chandra Dwi Laksono ditangkap usai kedapatan mencuri motor (Foto / Metro TV)

GRESIK : Aksi pelaku pencurian sepeda motor di Kabupaten Gresik kepergok warga. Pelaku yang beraksi di Desa Suci, Kecamatan Manyar, tersebut pun tertangkap dan menjadi sasaran amuk massa, Rabu 18 Januari 2023. Dia adalah Chandra Dwi Laksono (41).

Chandra dimassa setelah kedapatan hendak menggondol motor Scoopy nopol W 3642 DU milik korban Syarif Hidayatullah, yang berada di wilayah Jalan KH Syafi’i sekitar pukul 11.15 WIB. “Tiba-tiba saya lihat seorang pria menaiki motor saya,” kata korban Syafi’i.

Dia mengaku sudah memantau gerak-gerik mencurigakan, yang dilakukan oleh pelaku dari ruang tamu rumah temannya. “Kebetulan saya lupa ambil kunci motor. Hampir saja, sudah mau jalan,” ungkapnya.

Begitu motornya hendak dibawa kabur pelaku, korban Syarif langsung berteriak maling hingga memancing perhatian warga. Sontak, pelaku langsung berusaha melarikan diri.  “Dia (pelaku) berlari ke arah motornya yang sengaja diparkir di sebuah gang berjarak 30 meter dari lokasi kejadian,” tuturnya.

baca juga : Petugas Kebersihan Pusat Oleh-Oleh Bu Rudy Gondol Uang Rp14 juta

Namun, upaya pelaku untuk meloloskan diri gagal. Warga berhasil menangkap dan menghajarnya. Pelaku pun dikeler ke Balai Desa Suci. Kemudian warga pun mengamankan beberapa barang milik pelaku, yaitu sepeda motor Kharisma nopol W 3708 CQ, kartu identitas, serta beberapa cincin dan pernak-pernik yang diduga berfungsi sebagai jimat.

Selanjutnya, pelaku dibawa warga ke Polsek Manyar untuk proses hukum lebih lanjut. “Mohon waktu untuk penyelidikan lebih lanjut,” ujar Kanit Reskrim Polsek Manyar, Iptu Joko Suprianto.

Setelah menangkap Chandra, polisi lantas melakukan pengembangan. Akhirnya dua orang pelaku lainnya ditangkap. “Dari hasil penyelidikan, satu pelaku lainnya yang bernama Surya, yang berhasil kabur dari amukan masa di Desa Suci, akhirnya berhasil diamankan di Desa Pulopancikan, Kecamatan Gresik,” kata Joko.

Selanjutnya, dari keterangan Surya dan Candra, polisi bergerak ke sebuah gudang di Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas. Nah, di dalam gudang tersebut ada beberapa sepeda motor yang diduga hasil curian. “Di Gudang ini ada tiga sepeda motor yang masih utuh, juga kami temukan banyak onderdil sepeda yang sudah terpisah dari rangka motor,” beber Joko.

Di Gudang tersebut, polisi mengamankan tersangka bernama Sutrisno yang berperan sebagai penadah. Pihak kepolisian juga akan terus mengembangkan terkait kasus komplotan pencurian motor tersebut. “Sebab, dari hasil pemeriksaan awal didapat bahwa ketiga pelaku telah melakukan aksi pencurian di enam tempat yang berbeda,” pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait