Bawa Balita, Warga Mojokerto Demo Tolak Penambangan Sirtu

Aksi unjuk rasa menolak tambang galian C di Mojokerto/metrotv Aksi unjuk rasa menolak tambang galian C di Mojokerto/metrotv

MOJOKERTO: Ratusan warga Desa Sawo, Kecamatan Kutorejo, Mojokerto, Jawa Timur berunjuk rasa menolak aktivitas penambangan pasir dan batu (sirtu), Rabu 8 Februari 2023.  

Ratusan warga didominasi ibu-ibu rumah tangga ini juga mengajak anak balita mereka untuk merunjuk rasa. Dengan membawa poster dan spanduk, mereka menuntut area galian C yang beroperasi sejak satu bulan lalu untuk ditutup.

Para pengunjuk rasa ini menganggap aktivitas galian C yang diduga tak memiliki izin sudah sangat meresahkan. Banyak warga yang menolak diintimidasi sejumlah oknum diduga suruhan dari pengusaha galian C.

BACA: Wanita Tewas di Kamar Kos, Mulut dan Kelamin Keluarkan Darah!

Toha Maksum, koordinator aksi mengatakan, warga menolak adanya aktivitas galian C yang bisa merusak lahan pertanian sebagai mata pencarian.

"Jalan poros penghubung antar desa juga bisa rusak akibat lalu lalang truk pengangkut hasil tambang yang bertonase berat, " tandasnya.  

Saat aksi unjuk rasa berlangsung, tak didapati aktivitas di lokasi tambang. Jika tak segera ditutup dan berhenti beraktivitas, warga berencana akan menduduki dan mengeluarkan paksa alat berat dari area tambang.

 


(TOM)

Berita Terkait