Kemenkumham Jatim Deportasi 2 Warga Nigeria, 1 Pesepak Bola

Petugas Kemenkuham Jatim deportasi 2 warga Nigeria (Foto / hum) Petugas Kemenkuham Jatim deportasi 2 warga Nigeria (Foto / hum)

SURABAYA : Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mendeportasi dua warga negara (WN) Nigeria, Kamis 16 Februari 2023. Salah satunya berprofesi sebagai pemain sepak bola yang mencoba peruntungan membela klub Liga 1 Indonesia. Deportasi dilakukan kepada dua WN Nigeria atas nama Igboeli Lawrence Chukwujekwu dan Ntumobe Paul Hapuruchukwu.

Keduanya ditangkap oleh petugas imigrasi di kawasan Jakarta Barat dan Bogor pada Juni dan Juli 2022. Mereka dianggap melanggar pasal 78 ayat 3 dan pasal 75 ayat 1 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

"Keduanya diterbangkan ke Nigeria melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Rabu 15 Februari 2023," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari.

"Keduanya masuk ke Indonesia menggunakan paspor Ghana yang setelah diselidiki, ternyata paspornya palsu," kata Imam.

baca juga : Keracunan Mahasiswa UB, Korban dan Panitia Diperiksa Polisi

Lawrence menggunakan nama Yeboah Mensah. Sedangkan Ntumobe masuk ke Indonesia menggunakan nama Asare David. "Saat kami konfirmasi, Ntumobe merantau ke Indonesia untuk mencoba peruntungan sebagai pemain sepak bola," kata Kasubsi Keamanan Rudenim Surabaya, Didit Karyanto.

Menurut Didit, pria kelahiran Kumasi, 3 Maret 1997, itu beberapa kali melakukan trial di klub Liga 1. Namun, tidak ada klub yang bersedia meminangnya. "Akhirnya dia menganggur selama itu, tapi tidak segera pulang ke Nigeria sampai izin tinggalnya habis, sehingga kami amankan karena overstay," ujarnya.

Setelah menjalani proses hukum, mereka kemudian dideportasi ke negara asal mereka. Proses deportasi dilakukan dengan memperhatikan hak asasi manusia dan aturan hukum internasional.

"Kedua warga negara Nigeria diberikan hak untuk berbicara dengan Konsulat Nigeria dan juga diberikan akses kesehatan dan makanan selama proses deportasi berlangsung," kata Didit.


(ADI)

Berita Terkait