Michelin Ciptakan Ban Tanpa Udara, Tahan Paku dan Antibocor

Michelin telah membuat ban tanpa udara yang disebut Uptis (Foto / Michelin) Michelin telah membuat ban tanpa udara yang disebut Uptis (Foto / Michelin)

SURABAYA : Pabrikan ban asal Prancis, Michelin telah membuat ban tanpa udara yang disebut Uptis. Ban tersebut diperkenalkan pertama kali pada 2019. Namun, ban tersebut masih dalam pengembangan R&D. Ban Uptis tampaknya sudah siap diluncurkan secara komersil.

Dilansir dari Hidustan Times, Rabu 22 September 2021, ban ini terbuat dari karet dan jari-jari sepeda motor. Ban tanpa udara ini diperkuat fiberglass untuk menopang beban kendaraan. Penemuan ini membuat ban sangat praktis dan efisen. Ini memungkinkan pemilik kendaraan menjalankan kendaraan dengan ban tanpa udara.

Tak hanya itu, ban ini juga antibocor. Jika terkena paku ban tetap dapat digunakan tanpa perlu ditambal. Ban tanpa udara juga meningkatkan kemampuan kendaraan dengan usia pakai lebih panjang dibandingkan ban konvensional.

Baca Juga : Wow, Mobil Listrik Buatan White Motorcycle Ini Mampu Melesat 402 Km/Jam

Michelin telah mengajukan 50 hak paten untuk melindungi penemuannya tersebut. Mereka berencana meluncurkan ban tanpa udara ini pada 2024.

 


(ADI)

Berita Terkait