Gempa di Malang, Jember hingga Pacitan Ikut Goyang

Gempa di Kabuten Malang terasa dari Jember hingga Pacitan (Foto/ Twitter) Gempa di Kabuten Malang terasa dari Jember hingga Pacitan (Foto/ Twitter)

MALANG : Gempa bumi Magnitudo 5,3 di Kabupaten Malang dirasakan warga di sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim). Getaran tersebut dirasakan berbeda-beda dari II-IB MMI hingga II-III MMI, dari wilayah Jember hingga Pacitan. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setyo Prayitno menyebut, getaran III-IB MMI dirasakan oleh masyarakat di Blitar, bila pada siang hari dirasakan oleh banyak orang dalam rumah.

"Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, Trenggalek II-III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu," kata Bambang melalui keterangan tertulisnya.

Selanjutnya wilayah Kabupaten Pacitan merasakan getaran dengan kekuatan II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya

Baca Juga : Gempa Malang Berlangsung 20 Detik, Warga Panik

Warga Nganjuk Abdul Latif menyatakan merasakan getaran gempa selama beberapa detik kendati tak cukup kencang. "Terasa cukup kencang getarannya meski sebentar," katanya.

Diketahui, gempa berkekuatan magnitudo 5,3 terjadi pada pukul 09.21 WIB. Gempa berpusat di koordinat 8,84 LS, 112,51 BT atau 78 kilometer barat daya Kabupaten Malang, dengan kedalaman 33 kilometer dari permukaan air laut.

 


(ADI)

Berita Terkait