Penampakan Benteng Van den Bosch Setelah Dipoles Rp 113,7 Miliar

Benteng Van den Bosch atau disebut Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi/medcom,id Benteng Van den Bosch atau disebut Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi/medcom,id

NGAWI: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan  rehabilitasi bangunan pada Kawasan Pusaka Benteng Van den Bosch atau disebut Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Total, PUPE mengucurkan anggaran Rp 113,7 miliar yang digunakan untuk merehabilitasi 13 bangunan di dalam kompleks serta penataan Kawasan Inti Benteng. Rehabilitasi Benteng Pendem dilakukan demi menjaga kelestarian bangunan cagar budaya yang dibangun pada 1840-an sekaligus meningkatkan potensi pariwisata di Kabupaten Ngawi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, rehabilitasi ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut atas instruksi Presiden Joko Widodo saat beliau mengunjungi Benteng Pendem pada 1 Februari 2019.

BACA: Marak Penolakan Ustaz Hanan Attaki di Jatim, MUI: Tidak Sesat Tapi.....

"Karena kawasan Benteng Pendem ini merupakan cagar budaya, penataannya harus dilakukan secara hati-hati agar nilai kulturalnya tetap terjaga," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis, 28 Juli 2022.

embed

Kepala Balai Besar Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur M. Reva Sastrodiningrat mengatakan, saat ini pekerjaan revitalisasi sudah hampir 92 persen dengan seluruh pekerjaan pada bangunan utama yang sudah hampir selesai dan tinggal penyelesaian pekerjaan bangunan tambahan.

"Sisa pekerjaan saat ini yakni pembangunan 5 toilet umum, jalur pedestrian sekitar kawasan yang bisa dimanfaatkan juga untuk joging, dan pekerjaan lansekap. Target tuntas 100 persen akhir Desember 2022, lebih cepat dari rencana kontrak selesai pada Januari 2023," ujar Reva.

Selain itu, Reva juga menyebutkan akan meningkatkan penghijauan di  kawasan Benteng Pendem dengan tetap berkoordinasi bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jatim.

"Ke depannya diharapkan dapat dijadikan wisata edukasi sejarah cagar budaya yang dilengkapi dengan papan informasi penjelasan pada setiap sudut ruangannya," katanya.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mengatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih atas rehabilitasi Benteng Pendem yang dilaksanakan Kementerian PUPR atas instruksi Presiden Jokowi.

"Mudah-mudahan dapat menjadi salah satu ikon cagar budaya di Ngawi dalam rangka mengedukasi sejarah kepada masyarakat, terutama terkait perlawanan pejuang bangsa Indonesia dalam mengalahkan penjajah," ujar Ony.

 


(TOM)

Berita Terkait