Malam Ini, Tarif Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Naik

Ilustrasi Ilustrasi

BANYUWANGI: Tarif penyeberangan Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk akan naik mulai tengah malam nanti, Sabtu, 1 Oktober 2022, tepat pukul 00.00 WIB. Kenaikan rata-rata mencapai 11 persen untuk tiap-tiap jenis golongan pengguna jasa.  

“Penyesuaian yang merupakan keputusan KM 184 2022 tentang Penyesuaian Tarif Penyeberangan antar lintas Provinsi,” ujar General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Banyuwangi, M. Yasin, Jumat, 30 September 2022.

Dijelaskan Yasin, kenaikan ini sebagai upaya untuk tetap mempertahankan pelayanan di lintas Ketapang- Gilimanuk sebagai dampak kenaikan BBM pada awal September lalu.

"BBM adalah komponen poros yakni komponen yang paling besar dalam pengoperasian kapal. Sehingga untuk menutupi kenaikan biaya itu harus menyesuaikan tariff,” jelasnya.

BACA: Ngeri! Truk Jatuh dari Jembatan, Sopir dan Kernet Terjepit

Penyesuaian tarif ini, menurutnya, dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya bagaimana pemerintah berpihak pada pengguna jasa penyeberangan pada kemampuan daya belinya. Tidak hanya itu, Pemerintah juga memikirkan bagaimana lintasan Ketapang-Gilimanuk tetap berjalan.

"Sosialisasi penyesuaian tarif ini melalui berbagai sarana. Di antaranya melalui web, Ferizy, ASDP, media social dan juga sosialisasi langsung kepada pengguna jasa saat melakukan pembelian tiket, " ucapnya.

Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ini melayani lintasan Ketapang-Gilimanuk dan Lintasan panjang Ketapang-Lembar. Untuk lintasan Ketapang Gilimanuk terdapat 45 kapal yang beroperasi. Dari 45 kapal ini setiap harinya ada 28 kapal yang beroperasi. Sedangkan untuk lintasan Ketapang-Lembar terdapat 5 Kapal.

 


(TOM)

Berita Terkait