Terkendala Medan, Pemadaman Kebakaran Gunung Panderman Diprediksi Perlu Waktu 5 Hari

Pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lereng Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur. Dokumentasi/BPBD Kota Batu. Pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lereng Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur. Dokumentasi/BPBD Kota Batu.

Batu: Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di lereng Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur, Selasa, 21 November 2023. Pemadaman kebakaran di gunung setinggi 2.045 mdpl itu diprediksi memerlukan waktu kurang lebih lima hari. 

"Proses pemadaman perkiraan sampai lima hari karena medan terjal," kata Kepala Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Oro-Oro Ombo, Kamuliono, dilansir dari Medcom.id, Rabu, 22 November 2023.  

Kamuliono membeberkan titik api berada di petak 227 lereng Gunung Panderman. Lokasi kebakaran itu berada di medan yang terjal sehingga menyulitkan petugas gabungan saat melakukan pemadaman secara manual.

“Dilapangan kami tetap melakukan proses pemadaman secara manual yaitu dengan gebyok dan ilaran (sekat bakar)," kata Kamuliono.

Kamuliono mengatakan personel gabungan kembali diberangkatkan guna membantu pemadaman. Total 50 anggota personel diterjunkan BPBD Kota Batu, Perhutani KPH Malang, Babinsa, Bhabinkamtibmas, LMDH, hingga relawan.

“Titik api awal terbakar ini berada di luar jalur pendakian di sisi sebelah selatan,” ungkapnya.

Pendakian Ditutup Sementara Akibat Kebakaran 

Akibat kebakaran ini, Kamuliono mengatakan tidak ada pendakian ke kawasan Gunung Panderman. Pihak pengelola telah menutup jalur pendakian sejak musim kemarau lalu.


(SUR)

Berita Terkait