70 Calon Jemaah Haji asal Bangkalan Tunda Berangkat ke Tanah Suci, Ini Alasannya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

BANGKALAN : Sebanyak 70 calon jemaah haji (CJH) asal Bangkalan batal berangkat ke tanah suci tahun ini. Mereka terpaksa menunda keberangkatan karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya karena sakit, hamil serta tidak ada pendamping.

"Kalau hamil memang tidak boleh berangkat, sehingga harus ditunda. Jadi totalnya ada 70 calon jemaah," kata Kasi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan Arif Rohman, Kamis 18 Mei 2023.

Arif mengatakan, dari 70 CJH yang ada, beberapa di antaranya juga karena sudah lanjut usia (lansia). Mereka memilih menunda keberangkatan pada tahun berikutnya karena tidak ada anak atau kerabat yang mendampingi.

"Begitu juga dengan sejumlah pasangan suami istri. Mereka memilih menunda akibat pasangan mereka belum bisa berangkat tahun ini," ujarnya.

baca juga : 4 Remaja Bobol SD di Surabaya Bawa Kabur Laptop hingga Tabung Epiji

Arif mengatakan, CJH asal Bangkalan masuk dalam kloter satu dan dua Embarkasi Surabaya. Sesuai rencana, mereka akan berangkat menuju tanah suci pada 23 mei mendatang.

Diketahui, pada tahun ini Kabupaten Bangkalan mendapatkan kuota jemaah haji sebanyak 655 orang. Jumlah ini berkurang 70 jemaah karena penundaan dan kemungkinan digantikan atau diisi oleh CJH lainnya.

 


(ADI)

Berita Terkait