6 Tahanan Kabur Polres Pasuruan Ditangkap, Sisa 1 Buron

Jumadi  kembali dikeler ke penjara usai kabur dari tahanan (Foto / Istimewa) Jumadi kembali dikeler ke penjara usai kabur dari tahanan (Foto / Istimewa)

PASURUAN : Sebanyak enam dari tujuh tahanan yang kabur dari sel Mapolres Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), berhasil tertangkap. Keenamnya merupakan tahanan kasus narkoba dan kriminal. Saat ini, masih tersisa satu tahanan yang belum tertangkap. Kendati demikian, polisi mengaku telah mengantongi lokasi persembunyian tahanan tersebut.

"Kita sudah mengetahui persembunyiannya, saat ini dalam proses pengejaran," ujar Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama Gubunagi, Kamis (13/4/2023).

Para tahanan itu tertangkap di lima lokasi di wilayah Nongkojajar, Asrepan, Kabupaten Pasuruan, serta Banyuwangi dan Karawang. Salah seorang tahanan yang kabur, Donod, diduga menjadi dalang. Dia diduga berinisiatif mengajak teman-temannya kabur, Sementara, dua tahanan lain yakni Dedi Yongki dan Zainulah ditangkap saat tengah berkencan dengan PSK di lokasilasi Muncar, Banyuwangi.

baca juga : Rumah Tertimpa Longsor, 1 Warga Gandusari Blitar Meninggal

Dari hasil pemeriksaan, polisi mengamankan gergaji yang digunakan untuk memotong terali besi sel Mapolres Pasuruan. Benda itu diduga didapat dari salah satu keluarga saat menjenguk. Sebelumnya, tujuh tahanan berhasil kabur dari Mapolres Pasuruan dengan cara menggergaji terali besi jendela sel tempat mereka ditahan. Mereka melarikan diri pada Sabtu 31 Desember 2022.

Saat para tahanan kabur, petugas piket tengah tertidur. Satu per satu tahanan pun berhasil ditangkap polisi.


(ADI)