Tatap 2023, Presiden: Songsong Harapan dengan Tekad Lebih Kuat

Presiden Joko Widodo/ist Presiden Joko Widodo/ist

JAKARTA: Menatap lembaran baru 2023,  Presiden Joko Widodo mengungkapkan, banyak hal yang patut dikenang sepanjang 2022. Tidak hanya yang menggemberikan, tetapi juga yang mengecewakan.

Dari sisi yang menyenangkan, Jokowi mengingat-ingat kembali bagaimana Indonesia bisa bergerak kuat melawan pandemi dan menghalau resesi. Perekonomian nasional pun tumbuh positif sepanjang tahun lalu.

"Kita juga berhasil menggelar Presidensi G20 dengan baik. Pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia berjalan sesuai rencana," tutur Jokowi melalui akun Instagramnya dikutip Minggu, 1 Januari 2023.

Sebaliknya, ada pula hal-hal yang datang membawa kesedihan. Tanah Air masih terus dilanda berbagai bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Kepala Negara pun mengajak seluruh masyarakat untuk mengambil pelajaran dan hikmah dari semua hal yang terjadi di sepanjang 2022.

BACA: Puluhan Puskesmas Rawat Inap di Surabaya Buka 24 Jam Pada Malam Tahun Baru

"Semua itu, kabar baik dan kurang menyenangkan, datang silih berganti. Itu memberi pelajaran sekaligus menguatkan dan mempersatukan," sambung mantan wali kota Solo itu.

Dengan bekal itu semua, seluruh masyarakat Indonesia harus mampu meninggalkan 2022 dan menatap tahun baru 2023 dengan tekad yang lebih kuat untuk terus maju.

"Mari menyongsong harapan, tantangan dan peluang baru. Tetap bersama melangkahi 2023 menuju Indonesia yang maju," ungkap Jokowi.

 


(TOM)

Berita Terkait