Tali Kapal Putus, Penumpang dan Motor Berjatuhan ke Laut

Petugas mengevakuasi penumpang yang jatuh ke laut/metrotv Petugas mengevakuasi penumpang yang jatuh ke laut/metrotv

SUMENEP: Akibat rantai ramp door kapal penyeberangan rusak, sejumlah penumpang dan kendaraan jatuh ke laut tak jauh dari Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat 25 November 2022.

Dalam video amatir milik warga, terlihat detik-detik saat penumpang kapal Samporna Maju yang jatuh ke laut berusaha menyelamatkan diri untuk kembali naik ke dalam kapal.

Jatuhnya penumpang beserta kendaraan tersebut terjadi akibat rantai penahan Ramp Door mengalami los atau rusak, setelah beberapa menit berangkat dari Pelabuhan Kalianget.  

Korban kecelakaan laut ini sebanyak 11 orang penumpang dan 7 sepeda motor. Salah seorang korban yang tidak sadarkan diri langsung dilarikan ke rumah sakit.

"Saat kapal baru berjalan, tiba tiba rantai penahan pintu kapal los atau lepas. Penumpang dan motor yang ada di atas Ramp Door Langsung Jatuh ke laut, " ujar salah seorang korban, Hasyim.

BACA:  Aliran Listrik di Pamekasan Padam 12 Jam Akibat Cuaca Buruk

Sementara Kapolres Sumenep, AKBP Edo Satya Kentriko mengatakan langsung berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk segera melakukan evakuasi demi memastikan semua korban bisa selamat.

"Kami akan melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab kecelakaan tersebut secara lebih detail. Agar ke depan tidak terjadi lagii kejadian serupa yang bisa membahayakan nyawa para penumpang, " ujarnya.

Sementara dari pengelola kapal Samporna Maju, Rahman mengatakan siap bertanggung jawab, termasuk mengganti semua sepeda motor yang jatuh ke dasar laut.

"Atas musibah ini kami akan menanggung biaya pengobatan penumpang. Termasuk juga menganti semua sepada motor yang jatuh ke laut, " ujarnya.


(TOM)

Berita Terkait