6 Jenis Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS.ID: Anda penderita asam lambung? Jika iya, rasanya pasti sakit banget jika kumat. Nah, terjangkit asam lambung tidak bisa makan sembarangan. Ada beberapa pilihan makanan yang bisa dicoba.

Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit yang muncul dengan rasa seperti terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal dua kali dalam seminggu, dikutip dari laman Alodokter.

Penderita penyakit asam lambung tidak bisa memakan sembarang makanan karena bisa memicu dan harus dihindari, seperti makanan pedas dan berlemak. Tidak sedikit penderita asam lambung bingung ingin memakan sesuatu untuk dikonsumsi.

Berikut adalah daftar makanan yang direkomendasikan untuk dimakan oleh penderita asam lambung, dilansir dari laman Healthline.

1. Sayuran

Sayuran memiliki kandungan lemak dan gula yang rendah secara alami. Beberapa pilihan sayuran yang baik bisa kamu konsumsi, seperti kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.
 
2. Jahe

Jahe diketahui merupakan pengobatan alami untuk sakit maag dan masalah pencernaan lainnya, serta memiliki sifat antiradang alami. Kamu bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam minuman, seperti teh jahe untuk meredakan gejala asam lambung yang terjadi.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah menu sarapan favorit yang merupakan gandum utuh dan sumber serat yang sangat baik. Kamu bisa mengonsumsi ini untuk merendahkan risiko asam lambung yang akan naik. Untuk makanan bersert lainnya, kamu bisa mengonsumsi roti gandum dan nasi gandum.

4. Buah

Ada beberapa buah yang kamu konsumsi, seperti melon, pisang, apel, dan pir. Namun kamu tidak bisa memakan buah yang bisa memicu asam, seperti buah jeruk.

5. Daging

Sebenarnya kamu bisa memakan daging, tetapi jangan yang berlemak, seperti daging ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut yang rendah lemak serta mampu mengurangi gejalanya. Kamu bisa mencoba untuk mengolahnya dengan cara dipanggng atau direbus.

6. Putih telur

Kamu bisa mengonsumsi telur dengan memilih bagian putihnya saja. Sisihkan bagian kuning telur yang mengandung lemak.

 


(TOM)

Berita Terkait