Wali Kota Surabaya Pastikan GBT Siap Digunakan untuk Piala Dunia U-17

Suasana di dalam Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Surabaya, Jawa Timur, Senin (31/7/2023). Stadion GBT merupakan salah satu stadion yang ditinjau oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. ANTARA FOTO/Moch As Suasana di dalam Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Surabaya, Jawa Timur, Senin (31/7/2023). Stadion GBT merupakan salah satu stadion yang ditinjau oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. ANTARA FOTO/Moch As
GARUT: Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan sarana prasarana serta infrastruktur di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), siap digunakan untuk pelaksanaan Piala Dunia U-17 pada November 2023. FIFA menyebut stadion ini tidak perlu direnovasi.

“Kalau GBT sudah siap, sudah dilihat FIFA. Tidak ada perbaikan. Yang pasti terkait jalan, akses, taman-taman yang sekitar GBT yang akan kami lakukan. Tapi kalau di dalam (stadion), alhamdulillah sudah,” kata Eri, dikutip dari Antaranews, Minggu, 13 Agustus 2023.

Dari segi transportasi, Eri menyebut akses tol yang langsung menuju ke Stadion GBT juga siap untuk digunakan. Bahkan, akses jalan tol ini telah digunakan pada pertandingan Timnas Indonesia beberapa waktu lalu.

“Kami buka tol semuanya. Kalau yang naik motor memang lewat bawah, tapi naik mobil tidak lagi lewat tol Romokalisari, tetapi yang keluar langsung terhubung GBT. Juga ada yang tembusan dari Pelindo, ada dua jalur, kita buka semuanya,” lanjutnya.

Eri berharap ajang Piala Dunia U-17 tidak sampai berdampak pada penyelenggaraan Liga 1 Indonesia. Pasalnya, terdapat informasi terkait rencana Liga 1 akan ditunda sementara saat piala dunia berlangsung.

“Semoga ini berjalan terus sehingga Persebaya bisa main dan Piala Dunia juga bisa main. Bagaimana pun Persebaya adalah tim areknya Suroboyo, sehingga pertandingan kalau bisa (home base) tetap ada di Surabaya,” tutur Eri.


(SUR)