Ratusan PMI Tiba di Bandara Juanda, Dikarantina di Asrama Haji

Salah satu pekerja migran hendak dibawa ke Asrama Haji untuk karantina (Foto / Metro TV) Salah satu pekerja migran hendak dibawa ke Asrama Haji untuk karantina (Foto / Metro TV)
SURABAYA : Ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia tiba di Bandara Internasional Juanda, Minggu 12 September 2021. Sejak tiga hari terakhir, gelombang kepulangan PMI terus mengalir menyusul lonjakan kasus covid-19 di Malaysia. Berdasarkan catatan pihak bandara, dalam satu hari jumlah PMI dari Malaysia yang balik ke Indonesia Bandara Juanda sebanyak 600 orang.

Dari jumlah itu 160 orang di antaranya PMI yang dipulangkan dengan biaya pemerintah melalui KBRI di Malaysia. Mereka tidak hanya berasal dari sejumlah daerah di Jawa Timur. Namun juga dari wilayah Indonesia timur, seperti NTT, NTB dan Bali.

Begitu tiba, seluruh PMI, baik yang balik secara mandiri atau melalui biaya pemerintah tidak bisa langsung balik ke daerah asal melainkan menjalani proses karantina selama delapan hari di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Karena itu, pengawasan terhadap PMI cukup ketat. Pengawasan dilakukan petugas sejak mereka turun dari pesawat hingga proses evakuasi dari bandara ke Asrama Haji Sukolilo.

"Mau balik pulang dari Malaysia. Tapi ini harus karantina dulu di asrama haji," kata salah seorang PMI asal Ponorogo, Anto.

BACA JUGA : Waduh, Aplikasi PeduliLindungi Palsu Beredar

Sementara itu, petugas UPT BP2MI Surabaya Wilayah Jatim, Guntar Sabhara mengatakan, gelombang tinggi kepulangan PMI dari Malaysia karena pandemi covid-19. Saat ini banyak perusahaan di Malaysia tutup karena covid-19, sehingga merek terpaksa memberhetikan karyawannya sebagaimana yang dialami para PMI.

 


(ADI)

Berita Terkait