Kilang Minyak Pertamina Terbakar, Stok Pertalite Aman

Kobaran api di  Kilang Minyak Refinery Unit IV Cilacap (ist) Kobaran api di Kilang Minyak Refinery Unit IV Cilacap (ist)

CILACAP: Tangki bahan bakar minyak (BBM) Pertalite yang berada di Kilang Minyak Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah milik PT Pertamina (Persero) terbakar malam ini, Sabtu (13/11). 

Namun, Pertamina memastikan, stok bahan bakar minyak (BBM) tidak mengalami kendala di wilayah Jawa. 

"Stok Pertalite aman, khususnya di wilayah Jawa bagian barat," kata Unit Manager Communication, Relations, dan CSR Pemasaran Pertamina Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan kepada wartawan, Sabtu (13/11). 

Pihaknya mengaku telah melakukan koordinasi agar stok BBM tersuplai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

"Kami sudah turunkan tim untuk memastikan hal tersebut," ucap Eko. 

Sementara, Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya menyatakan, stok BBM dan elpiji di Jawa Tengah dan sekitar tidak terganggu. 

Pihaknya pun masih belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran itu. 

"Upaya pemadaman dilakukan secara intensive dengan menggunakan High Capacity Foam Monitor pada tangki yang terbakar," bilangnya. 

Sedangkan, untuk tangki di sekitar dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran. 

Kebakaran di Kilang Cilacap ini bukan terjadi sekali. Pada April 2021 lalu, tiga tangki di Kilang Minyak Unit IV Pertamina mulai terbakar pada Sabtu 2 April 2011 dan berhasil dipadamkan pada Selasa 5 April. (OL-7)


(TOM)

Berita Terkait