Kumpulkan Limbah Sayur, Warga Sidoarjo Bikin Eco Enzyme, Ini Manfaatnya!

 Warga perumahan Citra Surya Mas di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo,  memanfaatkan limbah organik buah dan sayuran, menjadi eco enzyme/metrotv Warga perumahan Citra Surya Mas di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, memanfaatkan limbah organik buah dan sayuran, menjadi eco enzyme/metrotv

SIDOARJO: Warga perumahan Citra Surya Mas di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo,  memanfaatkan limbah organik buah dan sayuran, menjadi eco enzyme yang ramah lingkungan.

Eco enzyme memiliki banyak manfaat. Mulai dari menyuburkan tanah dan mengusir hama tanaman, meningkatkan hasil peternakan hingga menjadi cairan pembersih perabotan rumah tangga.

Cairan eco enzyme tersebut diproduksi oleh warga memanfaatkan limbah buah dan sayur yang dikumpulkan dari rumah-rumah warga. Selanjutnya limbah sampah organik tersebut, dicuci hingga bersih.

"Setelah bersih, limbah buah dan sayur dicampur dengan molase atau larutan gula merah dan air, "  ujar Nur Kholis Relawan Eco Enzyme.

BACA: Mayat Pria Penuh Luka Tergeletak di Lapangan. Motor Masih Menyala

Pencampuran ketiganya harus dengan ukuran pas, yaitu dengan perbandingan 1:3:10. Artinya satu liter cairan eco enzyme, dicampur dengan 3 kilogram limbah buah dan sayur, serta 10 liter air.

Setelah dicampur harus ditutup rapat, dan dibiarkan selama tiga bulan. Setelah tiga bulan campuran tadi berubah menjadi eco enzyme, yang memiliki banyak manfaat dan ramah lingkungan.

"Cairan eco enzyme ini bisa untuk menyuburkan tanah, mengusir hama hingga bisa meningkatkan hasil peternakan. Cairan eco enzyme juga bisa menjadi pengganti bahan kimia, untuk membersihkan aneka perabotan rumah tangga, " jelasnya.

Imam Mukozali, Ketua RT mengatakan warga di perumahan ini baru memproduksi eco enzyme  antara 10 hingga 30 liter per minggu. Rencananya, produksi ditingkatkan menjadi 150 liter seminggu.

"Produksi akan kita tingkatkan  agar bisa dimanfaatkan seluruh warga, " ujarnya.

 

 


(TOM)