Sutradara dan Aktor 'Nokta Merah Perkawinan' Ceritakan Tantangan Proses Pembuatan Film

Sutradara Sabrina Rochelle Kalangie saat jumpa pers Sutradara Sabrina Rochelle Kalangie saat jumpa pers "Noktah Merah Perkawinan" di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Kamis (8/9/2022) (ANTARA/Lifia Mawaddah Putri)

Sutradara Sabrina Rochelle Kalangie mengungkapkan sejumlah tantangan dalam proses pembuatan film  "Noktah Merah Perkawinan." Ia menyebut salah satu adegan ikonik di film tersebut dilakukan berulang kali. 

"Untuk yang adegan tampar itu kan kita nggak pakai dua kamera ya. Hanya pakai satu kamera. Jadi, mau nggak mau pasti akan ada pengulangan," kata Sabrina dilansir dari Antara, Jumat, 9 September 2022. 

“Tapi untuk take-nya nggak banyak. Kita paling dua tiga take ya per orang. Untung juga karakter itu sudah sangat melekat. Jadi, pas take-nya berulang kali pun, kita kasih waktu mereka untuk meredakan merah-merahnya dulu," tambahnya.

BACA: Festival Film Internasional Busan Akan Dihelat Langsung pada Oktober 2022

Di sisi lain, Oka Antara yang juga berperan dalam "Noktah Merah Perkawinan" juga mengaku kesulitan dalam mendalami karakter yang ia mainkan. Menurutnya, mendalami sosok suami yang sedang berada di usia pernikahan 10 tahun tidaklah mudah.

"Kalau dari aku sih sebenarnya cukup sulit ya. Karena biasanya kalau aku main film drama atau film yang lain itu pas punya istri atau punya pacar pasti adegannya baru dimulai saat pacaran, saat menikah. Tapi ini sudah mencapai 10 sampai 11 tahun menikah," jelas Oka.

Namun, Oka mengatakan sutradara sangat membantunya mengatasi kesulitan itu. "Untuk nyari gimana rasanya ada di masa itu aku susah sih. Jadi, pendalaman karakternya nggak gampang. Tapi syukurnya kita banyak dibantu sama sutradara," ucap dia. 

Sabrina pun mengungkapkan bahwa film "Noktah Merah Perkawinan" mengandung banyak adegan intens. Namun, adegan tersebut selalu dilatih sebelum proses pengambilan gambar agar terasa lebih natural dan tulus.

"Banyak adegan yang sebenarnya cukup intens di film ini. Pastinya kita sebelum take kita latihan dulu karena takut kalau emosinya berulang itu antara bakal otomatis keluarnya atau kerasa nggak tulus," ujar Sabrina.

Sementara, dua aktor lainnya yakni, Marsha Timothy dan Sheila Dara, juga sempat mengikuti kursus khusus untuk mendalami karakter mereka masing-masing. Marsha mengungkapkan bahwa mereka sempat mengambil kelas keramik selama 2 minggu.

"Nggak terlalu lama kita les. Kayak dua minggu itu dipadatkan untuk paling nggak, nggak kelihatan aneh dan kaku ketika megang keramiknya," kata Marsha.

"Noktah Merah Perkawinan" menceritakan tentang rumah tangga Ambar (Marsha Timothy) dan Gilang (Oka Antara) yang nyaris bercerai karena permasalahan yang mereka hadapi. Situasi pun semakin runyam dengan hadirnya sosok Yuli (Sheila Dara) yang hadir di tengah rumah tangga Ambar dan Gilang. Film ini dijadwalkan akan tayang pada 15 September mendatang.


(UWA)

Berita Terkait