Terlalu Banyak Minum Saat Sahur Berbahaya, Kok Bisa?

Ilustrasi Ilustrasi


CLICKS.ID: Saat berpuasa,  mungkin banyak yang takut dehidrasi dan memilih untuk minum lebih banyak air saat sahur. Meski membutuhkan banyak air untuk menjaga kesehatan,  namun rupanya asupan air yang berlebihan juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius lho!

Melansir E Times, kebutuhan air tiap orang tergantung pada beberapa faktor. Seperti kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya, usia, dan kebiasaan gaya hidupnya.

Perlu diketahui, ginjalmu hanya dapat mengeluarkan sekitar 1 liter air per jam. Jadi, kecepatan kamu meminum air juga memiliki peran penting. Itu artinya, minum 3-4 liter air dalam waktu singkat dapat menyebabkan hiponatremia, yaitu kondisi di mana konsentrasi natrium dalam tubuh menurun.

Dalam kasus terburuk, terlalu banyak asupan air juga dapat menyebabkan keracunan air. Pada kondisi ini, kadar natrium dalam tubuh menjadi sangat rendah.

Dengan rendahnya kadar natrium, tubuhmu jadi tidak mampu mengatur keseimbangan cairan di dalam sel. Sehingga otak bisa membengkak dan bisa mengakibatkan koma atau bahkan kematian.

Nah, agar sistem internal kamu berfungsi normal, disarankan untuk minum setidaknya 2-3 liter air setiap hari, dengan interval yang tepat.

Sementara, jika kamu menjalankan ibadah puasa, cobalah lakukan metode 2-4-2 agar kebutuhan air tercukupi dan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Metode ini mengatur kamu untuk meminum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur.


(TOM)

Berita Terkait