Awas! Ini 3 Akibat Sering Telat Makan

Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com
Jakarta: Padatnya kegiatan terkadang membuat orang telat atau lupa untuk makan. Baik itu sarapan maupun makan siang. Lalu karena sudah terlalu lelah, makan malam pun sering kali dilupakan. 

Padahal secara medis, telat atau lupa makan dapat berdampak buruk pada kesehatan. Seorang seorang spesialis nutrisi sekaligus Direktur Nutrisi di Freshly, Dr Brooke Scheller, DCN, menyarankan konsumsi protein atau lemak sehat setiap kali makan. 

Selain itu, pilih buah-buahan sebagai camilan dan selai kacang atau sepotong keju sebagai pelengkap. Sehingga, Anda dapat mengurangi respons gula darah pada tubuh. 

“Dengan menambahkan protein pada setiap makanan, dapat membantu mengurangi respons gula darah pada tubuh sehingga kita akan lebih kenyang dan fokus lebih lama,” jelas Scheller dikutip dari Gaya.id, Senin, 25 Juli 2022. 

Sementara itu, sejumlah hal yang bisa terjadi pada tubuh saat Anda lupa makan antara lain:

1. Menyebabkan makan berlebihan 

Menurut Dr Scheller, lupa makan justru dapat menyebabkan seseorang makan berlebihan setelahnya. Telat makan juga berpotensi membuat Anda dengan mudah menghabiskan makanan yang tidak sehat. 

“Menunggu terlalu lama untuk makan dapat menyebabkan kandungan glukosa darah menjadi rendah, yang pada akhirnya mengurangi pengendalian diri. Sehingga membuat kita sulit menolak makanan yang tidak sehat,” jelas Dr Scheller. 

2. Ingin mengemil terus-menerus

Entah merasa lapar atau tidak, makan siang sangatlah penting. Tanpa menjadwalkan istirahat untuk makan, seseorang cenderung mengemil lebih banyak. Hal ini tentunya dapat berpengaruh pada berat badan Anda.

3. Memicu stress

Scheller mengungkapkan, mengonsumsi makanan pada tengah hari sampai jam 1 siang merupakan waktu yang paling tepat. Karena dapat membantu mencegah penurunan energi dan produktivitas.

“Menyantap kudapan pasca makan siang yang sehat itu bagus untuk membantu mencegah penurunan energi dan produktivitas dan menghasilkan tenaga sepanjang sore,” tuturnya. 


(UWA)

Berita Terkait