Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Pacitan

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

PACITAN : Gempa Magnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Selasa 27 Juli 2021, pukul 23.21 WIB. Gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 8,99 Lintang Selatan (LS) dan 111,40 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berjarak 95 kilometer (km) dari arah Tenggara Kabupaten Pacitan. Sementara kedalamannya 10 km. Sampai saat ini, belum ada laporan terkait dampak gempa bumi yang menyebabkan kerusakan bangunan dan korban jiwa.

Gempa Pacitan Terasa Sampai Blitar dan Tulungagung

Gempa dengan magnitudo 5,2 yang mengguncang Kabupaten Pacitan, terasa hingga sebagian daerah tetangganya. Getaran dirasakan cukup kuat hingga Kabupaten Blitar dan Tulungagung. Sejumlah warga di wilayah Wondadi sampai keluar rumah karena merasakan guncangan tersebut. Kepanikan sempat terjadi beberapa saat akibat gempa.

BACA JUGA : Pacitan Zona Merah Tsunami, BMKG Sarankan 4 Langkah Strategis

"Lindu. Lindu (Gempa)," teriak seorang warga, Niko, berlari ke luar rumah.

Beberapa warga lain yang belum tidur juga ikut keluar rumah. Meski sudah tidak lagi guncangan, warga tidak segera masuk ke dalam rumah, menunggu situasi aman sesaat. Sebagian warga mengaku khawatir terulang lagi gempa seperti bulan lalu.

Guncangan gempa juga dirasakan sebagian warga di Kabupaten Tulungagung. Di grup Whatsapp, seorang warga Bagus mengaku merasakan gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Pacitan.

"Terasa, tapi tidak kencang," katanya.

 


(ADI)

Berita Terkait