Angka Kematian Anak Karena Covid-19 di Indonesia Tertinggi di Dunia

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Clicks: Angka kematian anak akibat covid-19 di Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Aman Bhakti Pulungan. Ia merujuk pada data fatality rate IDAI. 

“Data IDAI menunjukan kasus fatality rate itu adalah tiga sampai lima persen jadi Indonesia negara dengan angka kematian anak terbanyak di dunia," kata Aman dalam tayangan Headline News, Metro TV, Selasa, 22 Juni 2021.

Menurut dia, kasus covid-19 di Indonesia sudah mengkhawatirkan dan mengancam anak-anak. Selain karena tingginya angka kematian, fasilitas kesehatan khusus anak juga minim.

Aman menyebut banyak rumah sakit di Indonesia belum memiliki ruang rawat intensif khusus anak. “Sampai saat ini ICU khusus untuk anak itu tidak tersedia, di sebagian besar rumah sakit," ucap dia.

Baca juga: Sidoarjo Batalkan Sekolah Tatap Muka

Aman meminta hal ini menjadi perhatian serius pemangku kepentingan. Sebab, data nasional menunjukkan 12,5 persen kasus korona menyerang anak usia 0-18 tahun. Artinya, satu dari delapan kasus terkonfirmasi adalah anak-anak.
 
Di sisi lain, dia juga mengingatkan tentang ketersediaan sumber daya manusia (SDM) medis. Menurut Aman, saat ini ketersediaan tenaga kesehatan tengah menurun. (Imanuel Rymaldi Matatula)


(SYI)

Berita Terkait