Kebakaran Landa Gudang Penyimpanan Bahan Bakar Pabrik Gula di Malang

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

MALANG : Kebakaran melanda gudang penyimpanan tatal kayu di Krebet Senggrong, Bululawang, Kabupaten Malang, Sabtu 15 Juli 2023 malam. Limbah kayu ini digunakan sebagai bahan bakar pabrik gula. Saksi mata bernama Nurhadi mengatakan api cepat membesar karena gudang berisi limbah kayu yang mudah terbakar.

"Kebakaran awalnya kelihatan asap saja, saya tinggal ke tetangga. Tetangga bilang ada kebakaran di gudang, saya telepon mandornya gak ada yang nyambung, terakhir telepon ada yang ke sini api sudah besar. Ini gudang tatal kayu, bahan bakar pabrik gula, di dalam gudang gak ada orang, jarang buka," tuturnya, Minggu 16 Juli 2023.

Dia menjelaskan sebelumnya sempat ada kebakaran kecil namun bisa dipadamkan pada siang harinya. "Ada api siang, sore sudah gak ada aktivitas, pulang kebakar lagi, titik api di timur langsung besar. Penyebab gak tahu, mungkin tumpukan terlalu lama, di dalam gak ada oven atau mesin," katanya.

baca juga : Heboh, Sungai Bawah Tanah Ditemukan di Area Tambang Batu Kapur Tuban

Sementara itu, Wakil Komandan Regu Damkar Kabupaten Malang, Syamsul Bachtiar menjelaskan pemadaman berlangsung lama karena banyaknya material kayu yang mudah terbakar di dalam gudang. "Pemadaman lama karena lumayan banyak kayunya. Air harus tembus ke bawah, kalau ditinggal nanti besar lagi," ujarnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Petugas langsung bergerak cepat melokalisasi api supaya tidak menjalar ke rumah warga.

 


(ADI)

Berita Terkait