Pelaku Pembakaran Kantor NU di Sumenep Tertangkap, Ini Motifnya!

Suryadi, pelaku pembakaran Kantor NU digelandang ke Mapolres Sumenep/metrotv Suryadi, pelaku pembakaran Kantor NU digelandang ke Mapolres Sumenep/metrotv

SUMENEP: Pelaku pembakaran Kantor  Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep akhirnya tertangkap. Pelaku terancam hukuman di atas 5 tahun penjara meski sudah meminta maaf.

Pelaku bernama Suryadi, 44 tahun, yang tinggal tak jauh dari  Kantor MWC NU Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep.  Sebelum ditangkap, ia melakukan percobaan pembakaran sebanyak dua kali.

"Pelaku bisa ditangkap setelah selama sepekan Polres dibantu Tim Labfor Polda Jatim dan Ditreskrimum Polda Jatim melakukan penyelidikan.  Termasuk memeriksa 13 saksi, "ujar Kapolres Sumenep, AKBP Edo Satya Kentriko.   

Selain menangkap pelaku, lanjut AKPB Edo, polisi mengamankan barang bukti yang digunakan saat pembakaran. Diantaranya botol bensin, selang bensin, korek api dan lainnya.

BACA: BSI Trouble, Kemenag Jatim Minta Pelunasan Biaya Haji Diperpanjang

"Motif pelaku melakukan pembakaran didasari kesalahpahaman antara pelaku dengan penghuni MWC NU, " ujarnya.

Sementara pelaku pembakaran, Suryadi, dalam klarifikasinya mengaku menyesal dan meminta maaf kepada pengurus MWC NU. Ia juga berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

"Saya menyesal dan minta maaf, saya hanya jengkel dengan salah satu penghuninya, " ujarnya.

Meski sudah miminta maaf, proses hukum tetap berlanjut. Atas perbuatannya, kini pelaku dijerat Pasal 187 ke 1e KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.


(TOM)

Berita Terkait