Kemunculan Matahari Merah Gegerkan Warga AS, Begini Penjelasan Ilimiahnya

Fenomena matahari merah hebohkan warga AS (Foto / Istimewa) Fenomena matahari merah hebohkan warga AS (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Matahari merah tak biasa terlihat di langit Amerika selama seminggu terakhir. Di balik foto-foto indah Matahari merah, ada alasan yang mencengangkan soal penyebab fenomena ini. Warna merah disebabkan 84 kebakaran hutan yang terjadi di beberapa bagian Kanada, khususnya di Alberta, dan akan bertahan setidaknya selama beberapa hari lagi.

Asap dari api tanpa henti menempuh jarak hingga 2.000 mil, menciptakan filter kabut di atas Matahari, sehingga membuatnya tampak berwarna merah. Penduduk di New York, New Jersey, Chicago, Illinois, dan Iowa hanyalah sebagian dari mereka yang telah menyaksikan matahari berwarna merah darah. Ahli meteorologi mengatakan partikel asap dibawa melintasi AS oleh aliran jet yang bertiup ke wilayah timur laut, menyebabkan kualitas udara yang buruk.

Warna merah menyala disebabkan oleh asap yang menyaring panjang gelombang cahaya yang lebih pendek, sehingga hanya panjang gelombang merah dan jingga yang bersinar. Matahari juga semakin redup karena asap tebal yang berhembus dari Kanada. Kebakaran hutan telah menyebabkan hampir satu juta hektar terbakar di Kanada Barat, terutama di Provinsi Alberta Barat Laut.

baca juga : Rumah Warga Ini Dihantam Meteroit Berusia 4,6 Miliar Tahun

Lebih dari 30.000 orang telah dievakuasi dari daerah tersebut untuk menghindari kebakaran. Kebakaran dimulai karena Kanada mengalami musim semi yang luar biasa kering ditambah dengan gelombang panas, sebagaimana dikutip dari Daily Mail. Layanan Cuaca Nasional (NWS) di Montana menganggap kualitas udara 'sangat tidak sehat' dan menyarankan orang tinggal di dalam rumah jika memungkinkan. Jenis peringatan yang sama telah dikeluarkan untuk Colorado bagian timur.

Kendati demikian, NWS di New York mengatakan asap melayang lebih dari 20.000 kaki dan tak akan menyebabkan masalah kesehatan bagi siapa pun yang menderita penyakit pernapasan di AS timur laut. Sementara orang Kanada melawan kobaran api, orang Amerika telah menyaksikan Matahari terbit dan terbenam merah selama lebih dari seminggu.

"Matahari yang sangat merah terbit di atas New York City. Karena semua asap api yang menyebar di atas dari kebakaran hutan di Kanada," NWS dalam postingan di Twitter.

Ini mendorong orang lain untuk berbagi gambar matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan yang terlihat seperti diambil dengan filter kamera. Gambar satelit yang dibagikan oleh NWS menunjukkan asap mengalir melintasi AS bagian utara dan menyelimuti negara bagian timur dengan polutan.

 


(ADI)

Berita Terkait