3 Kebakaran Hebat Terjadi Kemarin, Rumah Kontrakan, Gudang Tiner hingga Mebel

Kebakaran gudang (Foto / Istimewa) Kebakaran gudang (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Tiga kebakaran hebat terjadi pada Rabu 19 Juli 2023 petang. Kebakaran tersebut terjadi di Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan. Objek kebakaran meliputi rumah kontrakan, gudang tiner dan gudang mebel di Pasuruan.

1. Lupa Matikan Kompor

Rumah kontrakan dan warung nasi di Jalan Lebakrejo, Kota Surabaya, ludes terbakar, Rabu 19 Juli 2023. Api berkobar cukup besar menghanguskan seluruh bangunan rumah milik Ibu Made serta warung nasi di sampingnya. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Informasi yang dihimpun, api berasal dari kompor warung nasi yang lupa dimatikan. Akibatnya, api menyambar barang yang mudah terbakar dan terus membesar.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Dedik Irianto, mengatakan, bangunan yang terbakar marupakan rumah kontrakan yang dipakai untuk warung. "Informasinya, pemilik warung memasak kemudian ditinggal pulang dan lupa dimatikan," katanya.

Dedik mengatakan, saat ditinggal pulang, warung dalam kondisi tertutup, sehingga tidak diketahui awal munculnya api. Warga sekitar baru tahu saat api sudah berkobar. "Habislah seluruh bangunan kontrakan dan warung," ujarya.

baca juga : Sopir Ngantuk, Minibus Tabrak Pembatas Jalan Suramadu hingga Terbalik

Dedik memastikan tidak ada korban dalam musibah kebakaran tersebut, kecuali hanya bangunan beserta isinya yang ludes terbakar. Sementara itu, api baru berhasil dipadamkan setelah 13 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

2. Gudang Tiner Sidoarjo

Gudang tiner di Desa Geluran, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo terbakar hebat, Rabu 19 Juli 2023. Selain menghanguskan seluruh isi gudang, kobaran api juga melalap habis mobil boks yang terparkir di dalam gudang. Detik-detik kebakaran gudang tiner ini sempat terekam video amatir warga.

Tak lama berselang, petugas pemadam kebakaran datang melakukan pemadaman. Meski begitu, kobaran api tak begitu saja padam. Butuh waktu lebih dari dua jam bagi petugas untuk menjinakkan api, hingga api benar-benar padam.

Petugas Pemadam, Sutoyo, mengatakan, titik api berasal dari gudang pabrik tiner. Namun, Sutoyo belum bisa memastikan penyebabnya. "Yang terbakar kaleng tiner dan mobil boks. Penyebabnya apa, masih dalam penyelidikan," katanya.

3. Gudang Mebel Pasuruan

Kebakaran melanda 2 gudang mebel di Pasuruan, Rabu 19 Juli 2023 malam. Pemadaman api masih berlangsung. Lokasi kebakaran berada di Kelurahan Bukir, Kecamatan Gadingrejo. Dua gudang yang terbakar milik Ansori dan Syakur.

baca juga : Dipecat Sepihak, Ketua Pengurus Yayasan Yatim Mandiri Gugat Pengawas

Api terus membesar karena terdapat barang-barang mudah terbakar yang terbuat dari kayu. Akibatnya sejumlah mebel seperti kursi, meja dan tempat tidur hangus terbakar. Kobaran api juga membesar karena embusan angin malam. Pemilik gudang dan warga sekitar hanya pasrah melihat kebakaran itu.

"Api muncul dari gudang barang jadi di sebelah," kata Syakur.

Diduga api berasal dari gudang produksi bahan mentah. Percikan api muncul dari serbuk kayu mesin penggergaji. Enam mobil pemadam kebakaran telah berada di lokasi untuk memadamkan api.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Nilai kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Aparat Polresta Pasuruan menyelidiki penyebab kebakaran.


(ADI)

Berita Terkait