Abrasi, Fasilitas Pantai Soge Pacitan Ambruk

Abrasi menghancurkan bangunan di pantai Soge, Pacitan (Foto / Metro TV) Abrasi menghancurkan bangunan di pantai Soge, Pacitan (Foto / Metro TV)

PACITAN : Abrasi menerjang Pantai Soge, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Senin, 7 November 2022. Akibatnya, sebuah bangunan yang terletak di pesisir pantai amblas. Detik-detik bangunan amblas terekam video amatir warga.

Dalam tayangan video terlihat menara bangunan roboh dan hancur akibat abrasi. Selain bangunan tersebut, abrasi juga merusak dua toilet dan satu bangunan rescue wisata. Sebagian bangunan masih tersisa, namun membahayakan jika ditempati.

Usai kejadian, polisi memasang garis polisi di sekitar lokasi. Sebab, diperkirakan terjadi abrasi susulan dan memicu bangunan kembali roboh. Joko Sujatmiko, warga sekitar, menyebut bangunan tersebut roboh lantaran abrasi ditambah gelombang pasang yang menghantam bibir pantai.

"Awalnya abrasi dari sungai ditambah gelombang tinggi. Kondisi sudah tidak bisa dipakai sama sekali," ucap Joko.

baca juga : Incar Motor Peziarah, Pencuri Spesialis Pemakaman di Bangkalan Dibekuk

Joko mengatakan kejadian ini membuat warga resah. Jika tidak segera ditangani, abrasi bisa saja menyebabkan kerusakan yang lebih besar. Terlebih terdapat sejumlah bangun rumah warga tidak jauh dari lokasi.

"Selain itu, kejadian ini juga bisa menyebabkan kunjungan wisata menurun, yang berdampak pada ekonomi warga," pungkasnya. 


(ADI)

Berita Terkait