Waspada! 3 Kecamatan di Surabaya Terancam Rob Efek Super New Moon

Ilustrasi Ilustrasi

SURABAYA: Tiga kecamatan di Surabaya diprediksi bakal terjadi banjir rob saat fenomena Super New Moon atau fase bulan baru.  Peringatan itu datang dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak , Surabaya.

"Fenomena bulan baru itu juga bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi," kata Prakirawan Stasiun Metereologi Maritim Tanjung Perak Surabaya Sutarno di Surabaya, Rabu, 18 Januari 2023.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut dari BMKG menyebut, rob berpotensi terjadi di Jatim selama delapan hari. Tepatnya pada Rabu, 18 Januari hingga Rabu, 25 Januari mendatang.

Ia memprediksi, di Surabaya ada ada tiga kecamatan yang diprakirakan terdampak rob. Yakni  Kecamatan Bulak, Krembangan, dan Asemrowo.

BACA: Fenomena Super New Moon Ancam Wilayah Pesisir Jatim

Dampak dari Super New Moon tersebut berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Meski begitu, untuk pesisir Surabaya Raya, diprakirakan hanya berlangsung selama enam hari saja.

Secara umum banjir rob berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Mulai aktivitas bongkar muat di pelabuhan, permukiman pesisir, hingga tambak, tambak garam, dan perikanan darat.

"Kawasan pesisir Surabaya Utara dan Timur yang diprakirakan terdampak rob. Masyarakat wajib mewaspadainya," ungkapnya.

 


(TOM)

Berita Terkait