Inovasi Rak Sterilisasi Virus Buku Dilengkapi Lampu Ultraviolet

D'bos digunakan untuk membunuh virus di perpustakaan. Alat ini diciptkan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 (Foto/Metrotv) D'bos digunakan untuk membunuh virus di perpustakaan. Alat ini diciptkan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 (Foto/Metrotv)

SURABAYA : Buku bisa menjadi salah satu media penularan berbagai macam virus termasuk covid-19. Namun untuk mencegah penularan, dosen dan mahasiswa Universitas Dinamika atau Stikom Surabaya, Jawa Timur menciptakan rak sterilisasi buku dari bermacam virus. Inovasi yang diberi nama D’bos atau dinamika box of sterilisation ini, diklaim mampu membasmi kuman bakteri maupun virus di benda. 
 
Inovasi D’bos ini terinspirasi alat sterilisasi di ruang operasi rumah sakit yang berfungsi membunuh kuman maupun bakteri. D’bos memiliki ukuran panjang dua meter dan lebar setengah meter menggunakan lampu ultraviolet 20 watt. Pada umumnya, ukuran tersebut sudah mampu membunuh kuman pada barang dalam waktu kurang lebih 20 menit. Sehingga, barang-barang yang sudah disterilkan di dalam box dijamin bebas dari kuman atau bakteri. 

"Selain itu juga dipasang reflektor agar cahaya ultraviolet bisa memantul dari segala arah. Sehingga barang bisa disterilkan di semua sisi," ungkap penggagas inovasi D'bos, Indra Gunawan. 

Nantinya, pustawakan yang mengembalikan buku akan diletakkan dalam box untuk disterilisasi. Setelah dimasukkan dalam box, petugas perpustakaan akan menyalakan lampu ultraviolet selama kurang lebih 20 menit. 

"Sehingga petugas maupun peminjam buku yang keluar-masuk juga tidak perlu bersentuhan langsung," kata Staf Akademik, Inka Patresia.

Dengan fasilitas ini, diharapkan mahasiswa maupun karyawan akan terbebas dari virus atau kuman yang mungkin menempel dalam buku. 


(ADI)

Berita Terkait