Jangan Milik Sifat Prokrastinasi Jika Ingin Sukses, Apa itu?

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Prokrastinasiatau dalam istilahnya disebut Procrastination merupakan suatu kondisi saat seseorang secara sadar memilih untuk menunda mengerjakan tugas yang seharusnya diselesaikan pada waktu tertentu. Sebenarnya dengan melakukan hal itu, seseorang pun sadar jika menunda-nunda pekerjaan itu sebenarnya tidak baik. Tentunya, kebiasaan ini akan membuat hasil pekerjaan menjadi tidak maksimal. Lalu, bagaimana cara menghentikan kebiasaan prokrastinasi?

Ubah Cara Pandang

Prokrastinasi dapat kalian ubah dengan mengubah cara pandang pada sesuatu. Memang, kalian mungkin lebih suka untuk melakukan hal-hal yang lebih menyenangkan ketimbang mengerjakan tugas sulit. Namun, efek dari menunda-nunda pekerjaan ini akan membuahkan hasil yang tidak maksimal dan kamu pun akan merasa bersalah. Mulai sekarang, coba ubah cara pandang kamu ke manfaat apa yang akan didapatkan ketika selesai mengerjakan tugas tersebut. Fokuslah pada tujuan dalam mengerjakan sesuatu, dan yakinkan diri akan memetik manfaat dari hal itu.

Fokus Pada Realitanya

Ketika teman kalian hendak membuat jadwal kegiatan, pastikan dahulu bahwa mampu untuk memenuhi jadwal itu. Contoh, jika anda berniat untuk menyelesaikan tugas di larut malam, tapi sebenarnya tidak terbiasa untuk begadang. Maka seharusnya tidak membuat jadwal mengerjakan tugas di malam hari, sebab anda bisa melakukannya di pagi hari. Melatih diri agar punya berkomitmen pada jadwal yang sudah dibuat menjadi salah satu cara agar bisa lepas dari perilaku prokrastinasi.

Mencicil Tugas

Tugas menumpuk pastinya akan membuat kalian malas hingga berakhir pada pilihan memilih untuk terus menunda tugas, dan tidak selesai. Guna menghindari tugas-tugas yang menumpuk seperti itu, kalian bisa mulai mengerjakan sedikit demi sedikit. Mencicil tugas seperti ini bisa membantu anda tidak merasa lelah saat melihat tugas yang menumpuk sehingga terhindar dari prokrastinasi.

BACA JUGA : Sunday Scaries, Fenomena Unik Apa Ini?

Jangan Mencari Alasan Untuk Diri Sendiri

Tidak mencari alasan untuk diri sendiri seperti perkataan “Tunggu mood dulu, baru kerjain”, “Ah masih bisa dikerjakan besok”, “Jika masih ada hari esok kenapa harus sekarang.” Pikiran-pikiran ini jadi bukti bahwa anda telah membohongi diri sendiri. Mesti yang harus dilakukan adalah mengerjakan tugas walaupun hanya sedikit, hal ini akan jauh lebih baik daripada kamu terus menerus menciptakan alasan untuk menunda sebuah pekerjaan. Lebih baik sehari ada perkembangan, dari pada tidak sama sekali.

Mengapresiasi Diri

Apresiasi pada diri sendiri itu penting, apalagi jika kalian sudah bisa mengendalikan diri dan berkomitmen untuk tidak menunda tugas. Dengan mengapresiasi diri , anda akan merasa lebih bersemangat guna menyelesaikan tugas tepat waktu. Sudah siap terbebas prokrastinasi, langkah itu dapat anda tempuh agar lebih produktif.


(ADI)

Berita Terkait