Sunday Scaries, Fenomena Unik Apa Ini?

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Setelah waktu weekend, tentunya Anda disibukkan dengan berbagai rutinitas seperti biasa. Namun pernahkah Anda merasa khawatir akan datanya hari senin? Fenomena ini disebut dengan sunday scaries.

Pengertian

Istilah sunday scaries maksudnya adalah rasa cemas di hari minggu karena menyadari akhir pekan akan berakhir seperti yang dikutip dari laman Sunday Scaries, Senin 13 September 2021. Biasanya keadaan ini dirasakan oleh para pekerja kantoran atau anak sekolah.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh sebuah situs pekerjaan, setidaknya sebanyak 76% orang Amerika melaporkan bahwa mereka mengalami rasa khawatir di hari minggu. Sedangkan menurut survei nasional yang dilakukan oleh Linkedln, ada 80% pekerja profesional yang memiliki Sunday scaries.

Ketika mereka ditanya tentang alasannya, kekhawatiran tentang beban kerja mereka untuk minggu-minggu mendatang adalah hal yang pertama, lalu diikuti oleh kurangnya pekerjaan, hingga keseimbangan hidup.

BACA JUGA : Kleopatra, Asteroid Aneh Berbentuk Tulang Mengitari Matahari

Penyebab

Fenomena Sunday scaries sudah ada pada awal tahun 1900-an. Pada masa itu orang-orang Amerika mengelompokkan beberapa hal paling umum yag menjadi penyebab munculnya Sunday scaries, yakni adanya sistem sub kontrak, konsumsi alkholos, kepercayaan tentang senin suci, jual mobil, hingga efisiensi dan kebahagian.

Sedangkan di masa modern seperti sekarang ini, Sunday scaries disebabkan oleh rasa frustasi kehidupan sehari-hari. Setiap orang punya versi kecemasannya masing-masing. Urusan sekolah, pekerjaan, hubungan dengan orang lain, bahkan jika hanya bangun di pagi hari. Gejala ini datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan setiap hari dalam seminggu juga.

Gejala

Menurut para ahli, Sunday scaries biasanya dimulai antara jam 3 sore atau jam 5 sore. Atau setiap hari Minggu ketika suasana akhir pekan yang menyenangkan mulai berubah menjadi kecemasan akan tanggung jawab pekerjaan di Senin yang akan datang.

Menurut studi yang dilakukan oleh Sleep Judge, Sunday scaries biasanya ditandai dengan kecemasan, kurang tidur, suasana hati kacau, peningkatan iritabilitas dan insomnia. Sebuah penelitian yang ditulis Medium berdasarkan studi Charisma, menemukan setidaknya ada 68% peserta mengakui bahwa Sunday Scaries menyebabkan mereka begadang lebih lama dari yang seharusnya pada Minggu malam, dan 71% mengatakan bahwa akhir pekan hanya untuk tidur seharian


(ADI)

Berita Terkait