Wisata Petik Kurma di Pasuruan Ramai Pengunjung

Dinda, sedang memetik kurma yang hendak ia bawa pulang ke rumahnya di Sidoarjo (Foto / Metro TV) Dinda, sedang memetik kurma yang hendak ia bawa pulang ke rumahnya di Sidoarjo (Foto / Metro TV)

PASURUAN : Ingin memetik dan mencicipi langsung kurma dari pohonnnya tak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah. Cukup datang di wisata kebun kurma yang ada di Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Pasuruan. Di lokasi wisata ini, ada ratusan jenis pohon kurma yang dapat dipilih dan dinikmati oleh pengunjung.

Pengunjung yang datang dapat leluasa memilih dan memetik buah kurma dari pohonnya. Rasanya, dijamin tidak kalah dengan rasa kurma dari negara Timur Tengah maupun Thailand.

Jenis kurma yang panen tahun ini jenisnya kurma madjoel dengan warna kuning kecoklatan. Selain madjoel, ada juga varietas kurma barhe, lulu, sultan, ajwa emirat, kholas dan sayer.

"Semua pohon kurma yang berada di lokasi wisata ini sudah berumur tiga hingga lima tahun. Satu pohon dapat menghasilkan sekitar tiga hingga lima kilogram buah kurma," kata pengelola tanaman pohon kurma, Abdul Sohib.

Sementara itu, salah satu pengunung lokasi wisata asal Sidoarjo, Dinda Monita mengaku baru pertama kali datang ke lokasi wisata petik kurma ini. Dia kagum kalau pohon kurma dapat tumbuh di Pasuruan.

"Ini pengalaman baru, saya tidak pernah tahu pohon kurma ternyata bisa tumbuh di sini," ujar Dinda.

Sementara itu, akibat masa pandemi belum berakhir pengelola wisata memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung dan mewajibkan pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.


(ADI)

Berita Terkait