Jadwal Live Piala Asia Indonesia vs Kuwait, Malam Ini: Ujian Berat!

Skuat Timnas/ist Skuat Timnas/ist

JAKARTA: Timnas Indonesia langsung menghadapi ujian berat saat mengawali perjalanan di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu, malam 8 Juni 2022. Skuat Garuda bakal menghadapi tuan rumah Kuwait.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong pun sadar Kuwait bukan lawan mudah. Bahkan, ia mengaku ada tiga tantangan berat yang dialami timnya ketika menghadapi Kuwait nanti.

Salah satunya, kondisi cuaca yang panas di Kuwait. Shin mengaku ini akan menjadi tantangan terberat yang bakal dihadapi Indonesia pada laga nanti.

"Ini kondisi yang sulit. Namun, pemain sudah berupaya untuk beradaptasi dan kami siap berjuang di lapangan," ujar Shin dikutip dari Antara pada Rabu, 8 Juni 2022.

BACA: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia di AFC Asian Cup, 8-15 Juni

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut mengatakan, suhu udara di Kuwait mencapai 42 hingga 47 derajat celcius. Sedangkan pada malam hari suhu berada di angka 25-30 derajat celcius.

Selain cuaca panas, Shin juga menilai tantangan kedua yang dihadapi Indonesia, yakni status Kuwait sebagai tuan rumah. Menurutnya, semangat para pemain lawan bakal meninggi karena mendapat dukungan penuh dari suporter.

"Mereka tentu akan mendapatkan dukungan dari penonton," sambungnya.


Terakhir, Shin juga mewaspadai kualitas permainan Kuwait. Ia mengaku tim yang berperingkat 146 FIFA tersebut punya kualitas yang tak bisa dipandang sebelah mata.

"Itulah kenapa kami mesti menyiapkan diri dengan baik," tutur Shin.

Ucapan Shin mengenai kualitas Kuwait secara statistik memang benar. Skuat Garuda wajib waspada, mengingat selalu kesulitan menghadapi Kuwait.

Dari total enam pertemuan, Indonesia hanya meraih satu kemenangan. Sisanya, tim Merah Putih menelan dua kekalahan dan tiga kali imbang.

Bahkan, satu-satunya kemenangan didapat Indonesia pada 1980. Saat itu, kedua tim berduel dalam laga uji coba. Indonesia berhasil mengalahkan Kuwait dengan skor tipis 2-1.

Laga Kuwait vs Indonesia akan digelar di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait dan disiarkan langsung Indosiar mulai pukul 23.15 WIB.


(TOM)

Berita Terkait