Spesialis Jambret Kalung Emak-Emak di Probolinggo Diringkus, Begini Modusnya

Pejambret kalung emak-emak di Probolinggo ditangkap (Foto / Metro TV) Pejambret kalung emak-emak di Probolinggo ditangkap (Foto / Metro TV)

PROBOLINGGO : Pelaku spesialis penjambretan yang menyasar emak-emak di Kelurahan Jati, Mayangan, berhasil ditangkap Satreskrim Polres Probolinggo Kota. Aksi pelaku sempat terekam CCTV dan viral di media sosial. Pelaku ialah D (38), warga Kalisalam, Dringu, Kabupaten Probolinggo.

"Saat melancarkan aksinya bermodus menanyakan rumah kontrakan kepada korban S," kata Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota AKP Jamal, Minggu 25 September 2022.

Berdasarkan hasil pengembangan, pelaku merupakan spesialis jambret kalung emak-emak dengan modus berpura-pura menanyakan rumah kos. Diketahui, D juga pernah melakukan aksi serupa di keluarahan yang sama.

Secara total, pelaku telah melakukan aksi penjambretan di empat wilayah di Kota Probolinggo. "Hasil pengembangan bahwa pelaku juga melakukan jambret pada Juni 2022 yang sempat viral," ucap Jamal.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa sepeda motor yang digunakan untuk melancarkan aksi serta kalung emas milik korban seberat 15 gram. "Dari tersangka kita amankan sepeda motor yang sering digunakan untuk melakukan kejahatan, juga kalung yang berhasil dirampas," tutur Jamal.

Baca juga : Pencuri Pelat Besi Pabrik Tebu di Mojokerto Dibekuk

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sementara itu, Mulyono, anak korban, menuturkan peristiwa tersebut sudah dua kali menimpa ibunya. Sang ibu sebelumnya juga menjadi korban penjambretan di lokasi yang sama sekira tujuh tahun silam.

"Di sini memang sepi kawasannya, ibu saya sudah dua kali kena" jelas Mulyono.


(ADI)

Berita Terkait