Lagi, Jenazah Covid-19 Tertukar di Sidoarjo

Petugas menggali kembali makam jenazah yang tertukar di Sidoarjo. (metrotv) Petugas menggali kembali makam jenazah yang tertukar di Sidoarjo. (metrotv)

SIDOARJO: Kasus jenazah korban covid-19 tertukar terjadi saat pemakaman di Kabupaten Sidoarjo, Selasa 13 Juli 2021. Jenazah yang baru saja dikubur akhirnya digali lagi dan dilakukan pemakaman ulang.

Kasus tertukar jenazah korban covid-19 ini terjadi saat dilakukan pemakaman jenazah atas nama  Ira Puspitowati (52 tahun) di Makam Islam Dusun Tawangsari, Desa Ampelsari, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo.

Namun jenazah yang dimakamkan ternyata keliru. Diketahui  jenazah yang sudah berada dalam liang kubur tersebut bernama Maria Indrawati 40 tahun.

Almarhumah Ira tercatat warga RT 2 RW 5, Perumahan Taman Candiloka, Kecamatan Candi Sidoarjo.  Sementara almarhumah Maria adalah warga Kelurahan Magersari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.

Petugas kemudian menggali lagi jenazah Maria yang baru dimakamkan. Kemudian dibawa ke magersari untuk dimakamkan di sana.  Sementara jenazah Ira yang baru tiba dengan ambulans segera dimakamkan di lubang yang sudah digali.

Kekeliruan ini ada pada pihak RSUD Sidoarjo. Sudah diselesaikan kekeluargaan dan pihak rumah sakit yang menanggung biaya pemakaman ulang tersebut, " ujar Ketua RT 2 RW 5 Perumahan Taman Candiloka, Budi Cahyono.

Sementara Direktur RSUD Sidoarjo dr  Atok Irawan mengaku belum mengetahui kasus ini. "Ini masih saya cek dulu, " ujarnya  saat dihubungi lewat pesan whatsapp.

Yang pasti penyebaran covid-19 di Kabupaten Sidoarjo dalam beberapa pekan terakhir cukup memprihatinkan. Sebanyak 19 rumah sakit rujukan dengan 1.025 bed hampir penuh semua.


(TOM)

Berita Terkait