Mudah Dilakukan, Yuk Berhenti Merasa Insecure dan Mulai Membangun Harga Diri

Foto: Freepik.com Foto: Freepik.com

Clicks: Kalian pasti pernah merasakan yang namanya insecure dan meragukan kemampuan diri sendiri pada periode waktu tertentu. Ada kalanya kalian merasa tidak dapat melakukan sesuatu dengan benar serta berpikir orang lain selalu satu langkah di depan kalian.

Di era digital saat ini, media sosial tentunya berperan dalam meningkatkan kadar insecure pada diri seseorang. Bagaimana tidak? Di media sosial orang yang lebih sukses, lebih berparas cantik dan rupawan, hingga memiliki hubungan yang baik, akan terus lewat di timeline kalian. Sehingga tanpa disadari kalian pun akan membandingkan diri dengan teman-teman di dunia digital yang akhirnya berujung pada rasa insecure.

Selalu tidak merasa cukup baik sangatlah berbahaya dan sebaiknya tidak ditanam dalam diri. Ada baiknya kalian berhenti untuk merasa insecure dan mulai membangun harga diri. Mau tahu bagaimana caranya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi rasa insecure dan meningkatkan harga diri.

1. Berpikir positif

Mulai dari sekarang, catat semua hal yang kalian lakukan dengan benar dalam pikiran. Mengingat kebaikan atau suatu hal yang pernah dilakukan dengan benar dapat membantu kalian fokus pada kontribusi yang pernah kalian lakukan ketimbang memikirkan kekurangan. 

Baca juga: Si Kecil Gampang Marah dan Suka Memukul? Tangani Dengan Cara Ini Ya Moms

Janganlah menyalahkan diri secara terus-menerus ketika menghadapi masalah atau membuat kesalahan. Ada baiknya, kalian mengambil sisi positif dari setiap permasalahan yang terjadi. Jadi, cobalah untuk terus berpikir positif tentang apa pun yang terjadi dalam hidupmu ya!

2. Urus dulu kebutuhanmu

Sadarkah kalian bahwa sering kali kita lebih memperhatikan kebutuhan orang lain dan melupakan kebutuhan diri kalian sendiri? Dengan begitu kalian tidak cukup menghargai diri sendiri. Menambahkan lebih banyak perawatan diri ke rutinitas harian pastinya akan membantu kalian menepis pikiran negatif dan mulai membangun harga diri kalian. Berikut beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menunjukkan bahwa kalian cinta terhadap diri kalian sendiri:

- Merawat tubuh dengan pijat atau facial
- Lakukan olahraga kesukaan kalian setidaknya 30 menit setiap harinya
- Rehat sejenak dari media sosial
- Manjakan diri kalian dengan mengonsumsi makanan bergizi
- Berbicara dengan baik pada diri sendiri.

Dengan melakukan kegiatan di atas secara rutin, maka harga diri kalian akan meningkat. 

3. Hindari orang-orang yang membuatmu insecure

Semua hal yang berkaita dengan racun atau toxic pasti akan berdampak buruk bagi tubuh. Sama halnya dengan teman atau pasangan toxic yang kerap melayangkan komentar negatif yang tidak membangun. Hindarilah bergaul dengan orang-orang seperti itu, karena akan berujung membuatmu menjadi insecure. Coba untuk temukan lingkaran pertemanan yang lebih bisa mendukungmu serta memberikan saran positif yang membangun ya!

4. Lawan pikiran negatif

Sangat mudah untuk menjadi keras pada diri kita sendiri usai tersandung atau membuat kesalahan yang besar. Tetapi, menyalahkan diri sendiri bukanlah solusi yang baik untuk menghadapi hal itu. Sebab, hal itu akan membuat kalian terjebak ke dalam lingkaran negatif rasa malu dan membenci diri sendiri. Cobalah berlatih melawan pikiran negatif kalian dengan hal berikut.

- Maafkan diri kalian dan pahami bahwa kesalahan yang dilakukan tidak mendefinisikan kalian sebagai pribadi
- Tuliskan pikiran negatif kalian sehingga kalian dapat terlepas dari hal itu dan mengamatinya.
- Pertimbangkan apa yang telah kalian pelajari dari pengalaman dan kembali fokus pada hal positif.

5. Renungkan hal yang baik

Kesuksesan yang akhirnya bisa kalian capai tentunya perlu diapresiasi dengan perayaan. Kalian harus bangga dengan apa yang telah dilakukan. Meski pada awalnya kalian akan merasa canggung, hal ini dipercaya dapat memberikan dampak yang baik pada harga diri kalian. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri kalian sepanjang hari:

- Menyimpan pujian yang diberikan orang kepada kalian di desktop atau aplikasi catatan kalian
- Tuliskan semua pencapaian kalian untuk kalian baca nantinya ketika merasa insecure
- Luangkan beberapa menit setiap harinya untuk membuat daftar tiga hal yang kalian hargai tentang diri kalian sendiri.

6. Lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia

Luangkan waktu kalian untuk melakukan kegiatan yang membawakan kegembiraan dan kebahagiaan bagi diri kalian sendiri. Entah itu memasak, membaca buku, atau menanam tanaman, cobalah untuk memprioritaskan hal tersebut ketika ada waktu senggang.

Baca juga: Jangan Minder! Ini 5 Alasan Wanita Lebih Menyukai Pria Gemuk

Ada baiknya, kalian juga mempertimbangkan untuk mempelajari keterampilan baru atau menekuni hobi yang selalu ingin dicoba. Selain membuat bahagia, menguasai keterampilan baru juga berperan sebagai pengingat yang baik tentang bakat dan minat kalian.

7. Temui terapis

Berbicara dengan terapis yang berkualifikasi dapat membantu kalian menjelajahi asal dari rasa insecure yang sedang kalian alami. Mereka juga bisa membantu kalian mengembangkan alat baru untuk menavigasi situasi yang merusak kepercayaan diri kalian.


(SYI)