Dukung Potensi Pulau Bawean, Pemkab Gresik Garap Preservasi Jalur Penghubung Pelabuhan - Bandara

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, saat melakukan kunjungan di titik jalan yang rencananya segara dipreservasi ke Pulau Bawean (Foto/ Humas Pemkab) Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, saat melakukan kunjungan di titik jalan yang rencananya segara dipreservasi ke Pulau Bawean (Foto/ Humas Pemkab)

GRESIK : Pemerintah Kabupaten Gresik terus melakukan perbaikan secara merata di seluruh wilayahnya. Kali ini, giliran Pulau Bawean yang akan digarap infrastruktur dan sarana pendukungnya. Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, saat melakukan kunjungan ke Pulau Bawean, Kamis 13 Juli 2023.

Gus Yani mengatakan pengerjaan rekonstruksi jalan dan sarana pendukungnya ditargetkan dikerjakan tahun ini dengan memanfaatkan dana Inpres. Pengerjaan tersebut, di antaranya adalah preservasi Jalan Tanjung Ori — Paromaan sepanjang 3,34 km dan preservasi Jalan Tambak - Diponggo, Kecamatan Tambak sepanjang 4,49 km. Selain itu, dibangun juga saluran drainase sepanjang 2,4 km pada ruas Jalan Sangkapura — Tambak, dan 738 meter pada ruas Jalan Sangkapura — Diponggo.

"Rekonstruksi jalan yang kita sasar ini punya arti penting bagi masyarakat Bawean. Kami dari Pemerintah Kabupaten Gresik terus menggenjot potensi Bawean baik dalam sektor wisata, maupun Bawean sebagai pulau pendidikan yang kemarin (12/7) kita launching," terang Bupati Yani.

Ditambahkan, ruas Jalan Tanjung Ori — Paromaan merupakan ruas jalan yang "membelah" Pulau berjuluk Pulau Putri itu. Jalur ini memudahkan akses masyarakat, lantaran menjadi akses penghubung antara Pelabuhan Bawean di Kecamatan Sangkapura menuju ke Bandara Harun Thohir di Kecamatan Tambak.

baca juga : Wabub Gresik Pastikan Pajak Cukai Rokok Kembali ke Masyarakat

"Sebelumnya, untuk mengakses 2 lokasi vital tersebut masyarakat menggunakan akses jalur lingkar Pulau Bawean. Jalur ini tentunya makan waktu yang lebih lama dibanding nanti jika jalur tengah (Jalan Tanjung Ori — Paromaan) sudah rampung," ungkapnya.

Sebagai informasi, Pulau Bawean merupakan satu-satunya pulau yang masuk dalam wilayah Kabupaten Gresik. Terletak di 120 km di utara Gresik, pulau ini terdiri dari dua kecamatan (Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak). Selain keindahan alam dan potensi hasil laut yang luar biasa, baru-baru ini Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menasbihkan Bawean sebagai Pulau Rintisan Pendidikan. (*)


(ADI)

Berita Terkait