Statistik Menarik Inggris Vs Senegal: Hantam Benua Hitam!

Ilustrasi/MI Ilustrasi/MI

DOHA: Duel Inggris melawan Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia, Senin dini hari, 5 Desember 2022 bakal menjadi sejarah. Laga ini menjadi pertemuan pertama keduanya di sepanjang sejarah Piala Dunia.  

Meski baru pertama bersua, tim asuhan Gareth Southgate lebih diunggulkan pada laga ini. Salah satu faktornya lantaran Inggris punya rekor baik saat menghadapi tim-tim Afrika. Sepanjang sejarah, Inggris belum pernah kalah. Di Piala Dunia, mereka selalu menang atas tim dari Benua Hitam dengan mencetak minimal 2 gol.

Namun gambaran prediksi bisa saja buyar. Senegal sepanjang tahun ini hanya 2 kali kalah dalam 16 pertandingan. Mereka juga tak inferior terhadap wakil Eropa. Di Piala Dunia, mereka mampu memetik 3 kemenangan dari 6 laga. Salah satunya pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 atas Swedia.


Statistik Menarik Inggris Vs Senegal

- Sepanjang sejarah, ini adalah kali pertama pertemuan Inggris vs Senegal. Inggris tak pernah kalah saat menghadapi tim asal Afrika (14 menang, 6 seri).

- Di Piala Dunia, Inggris selalu menang dan mencetak setidaknya 2 gol pada 3 pertemuan dengan wakil Afrika.

- Inggris pernah 1 kali menghadapi wakil Afrika pada fase gugur Piala Dunia. Mereka harus bertarung hingga perpanjangan waktu saat menang 3-2 atas Kamerun pada perempat final Piala Dunia 1990.

BACA: Argentina Tantang Belanda di Perempatfinal

- Rekor Senegal melawan tim Eropa: 6 menang, 3 seri, 5 kalah.

-  Senegal memenangi 3 dari 6 pertemuan dengan wakil Eropa di Piala Dunia (1 seri, 2 kalah).

- Senegal pernah menghadapi wakil Eropa pada babak 16 besar di Piala Dunia 2002. Ketika itu, mereka menang 2-1 atas Swedia lewat perpanjangan waktu. Namun, mereka lantas takluk 0-1 pada babak berikutnya dari Turki, juga lewat perpanjangan waktu.

- The Three Lions selalu clean sheet pada 2 laga terakhir.

- Marcus Rashford sudah mencetak 3 gol pada gelaran Qatar 2022. Dia hanya absen mencetak gol saat Inggris imbang 0-0 dengan Amerika Serikat.

- Senegal hanya 2 kali kalah dalam 16 pertandingan pada tahun ini (11 menang, 3 seri).

- Gawang Senegal tak clean sheet pada 4 laga terakhir.

 


(TOM)