Unik! Berikut Tradisi Hari Valentine yang Tidak Biasa dari Penjuru Dunia

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Clicks: Tahun ini, perayaan Hari Valentine jatuh pada Minggu, 14 Februari 2021. Berbagai kegiatan dapat dilakukan untuk ikut memeriahkan Hari Kasih Sayang itu. 

Jangan salah, bukan hanya sepasang kekasih yang bisa merayakan hari tersebut, bagi kalian para jomblo juga bisa ikut memeriahkannya kok! Di Indonesia, Hari Valentine juga dijadikan sebagai momentum untuk menyatakan cintanya kepada orang yang dikagumi.

Selain itu, toko yang ada di pusat perbelanjaan atau mal juga akan mengangkat tema Valentine setiap 14 Februari. Media seperti majalah, stasiun televisi, radio, hingga sosial media pun ikut memeriahkan Hari Kasih Sayang itu dengan mengadakan suatu acara atau kuis.

Namun, bagaimana dengan negara lain ya? Apakah cara merayakan Hari Valentine-nya sama dengan Indonesia? Dilansir dari Travel Triangle, berikut tradisi Hari Valentine dari penjuru dunia.

1. Perancis

Tradisi unik Valentine pertama datang dari Negeri Cinta. Mereka memiliki tradisi bernama loterie d’amour, yakni permainan seperti mencari jodoh. Nantinya, para lajang berbaris di sepanjang rumah yang saling berhadapakan dan menelepon melalui jendela sampai mereka akhirnya berpasangan. 

Bagi wanita-wanita yang pergi tanpa pasangan, mereka kemudian akan membangun api unggun besar. Di situ para wanita akan membakar foto para pria yang menolak mereka sambil meneriakkan hinaan ke langit.

Karena kondisi yang semakin tidak kondusif, akhirnya pemerintah Prancis memutuskan untuk melarang praktik tersebut. Alih-alih menyalakan api, sebaiknya orang merayakan Valentine dengan pergi ke pasar terdekat dan membeli 4C, yakni keju (cheese), croissant, cokelat (chocolate), dan sampanye (champagne). 

2. Jepang 

Berbeda dengan negara lain, di Jepang sosok perempuanlah yang menyatakan cintanya atau memberikan hadiah kepada orang terkasihnya pada Hari Valentine. Sang pria dilarang untuk memberikan apa pun kepada perempuan pada 14 Februari. Sebaliknya, ketika White Day tiba pada 14 Maret, giliran para pria yang memberikan sesuatu sebagai tanda cinta mereka kepada sang kekasih. 

3. Filipina

Ketika kalian bermimpi untuk menikah dengan sosok yang sudah lama didambakan, maka Valentine menjadi hari yang tepat untuk mewujudkan mimpi itu. Tradisi ini berlaku di Filipina.

Setiap tahunnya, ratusan, bahkan terkadang ribuan pasangan berkumpul untuk menikah secara massal di tempat umum. Perayaan tersebut biasanya juga disponsori oleh pemerintah sebagai salah satu bentuk layanan publik. Sehingga, pasangan yang tidak mampun pun dapat menikah pada Hari Kasih Sayang itu.

4. Korea Selatan

Perayaan Hari Valentine di Korea Selatan mengadaptasi dari tradisi Jepang. Para wanitalah yang harus memberikan cokelat pada pria yang disukainya dengan imbalan nantinya para pria tersebut melakukan hal serupa pada White Day.

Perbedaannya adalah apabila kalian melalui Hari Valentine  dan White Day  tanpa merasakan romansa, jangan khawatir. Orang Korea sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menambahka hari ketiga yang disebut sebagai Black Day yang jatuh pada 14 April. 

Pada hari tersebut, para lajang akan berduka karena sendirian. Black day telah menjadi perayaan informal bagi para lajang. Nantinya, mereka akan mengenakan pakaian hitam dari ujung kepala hingga ujung kaki sembari berkumpul bersama teman-teman untuk menikmati jajangmyoen. Jajangmyoen adalah mi Korea dengan saus kacang hitam.

5. Bulgaria

Biasanya Hari Valentine identik dengan cokelat, bunga, hingga kartu ucapan. Tetapi, hal itu tidak berlaku di Bulgaria. Orang Bulgaria merayakan Hari Valentine dengan meracik minuman anggur (wine). Mereka menyebutkan hari itu sebagai Day of Winemakers atau Hari Membuat Anggur. Baik pasangan tua maupun muda, akan merayakan cinta mereka dengan membuat dan meminum segelas anggur lokal.

6. Rumania

Orang Rumania merayakan Hari Valentine dengan tradisi yang tak biasa. Pasangan muda nantinya akan bertunangan pada 24 Februari. Pada dasarnya, perayaan tersebut merupakan campuran dari Hari Valentine dan perayaan musim semi. 

Pasangan muda akan pergi pergi ke hutan untuk memetik bunga dengan berbagai macam warna. Sementara, pasangan lain akan membasuh wajah mereka dengan salju sebagai tanda keberuntungan.

7. Inggris

Tradisi Hari Valentine tak biasa lainnya juga diterapkan di Inggris. Wanita Inggris biasanya meletakkan lima lembar daun dalam di bantal mereka. Tujuannya, untuk mewujudkan pernikahan dengan impian calon suami mereka.

Itulah deretan tradisi unik Hari Valentine dari beberapa negara selain Indonesia. Dari sekian tradisi itu, mana saja yang paling ingin kalian terapkan pada Minggu nanti?


(SYI)

Berita Terkait