Garam Bikin Rasa Kopi Jadi Mantab ? Berikut Faktanya

Tambahan garam dalam secangkir kopi bisa jadi alternatif untuk menghilangkan rasa pahit (Foto / Istimewa) Tambahan garam dalam secangkir kopi bisa jadi alternatif untuk menghilangkan rasa pahit (Foto / Istimewa)

JAKARTA : Umumnya, untuk menghilangkan rasa pahit pada kopi, para pecinta kopi menambahkan gula. Namun selain gula, rupanya ada campuran lain yang dipercaya lebih mantab, yakni dengan menambahkan garam pada secangkir kopi. 

Pakar kopi dari Inggris James Hoffmann menyebut kopi yang diberi tambahan sedikit garam memiliki cita rasa yang jauh lebih nikmat. Hal ini disebabkan oleh garam yang memiliki variasi rasa asam, pahit, manis, serta gurih. Keberadaan variasi rasa garam ini ternyata bisa membuat indera pengecap kita, lidah, nggak begitu merasakan sensasi pahit dari kopi. Kita pun bisa menikmati kopi dengan lebih baik.

“Salah satu kenikmatan terbaik yang bisa didapat dari kopi adalah jika rasanya enak, rasa pahitnya pas layaknya saat mengonsumsi bir atau cokelat. Jika sensasi pahit yang pas ini diimbangi dengan manis dan asam, kopi akan terasa jauh lebih menyenangkan,” ucap Hoffman seperti yang dilansir dari Men’s Health

Hoffmann pun merekomendasikan garam sebagai campuran kopi sebagai alternatif jika sudah bosan dengan susu, gula, atau krim. Namun demikian, soal seberapa banyak tambahan garam pada kopi, Hoffmann tak bisa memberikan rekomendasi. Hal ini sangat berkaitan dengan selera setiap orang yang berbeda-beda.

“Setiap penggemar kopi memiliki tingkat toleransi rasa pahit yang berbeda. Sehingga tergantung selera saja,” terangnya.


(ADI)

Berita Terkait